Yahudi Trending Gara-gara Larangan Tepuk Tangan. Kenapa sih?


Ketua Majelis Syuro Partai Masyumi, Abdullah Hehamahua (Foto: instagram @abdullahhehamahua)

jabarnetwork.com, Yahudi trending nomor empat di twitter, bahkan sampai mencapai 17,2 ribu di tweet netizen sampai sekarang (Minggu, 25 April 2021), pukul 12.12 WIB.

Usul punya usut, yahudi  trending gara-gara pernyataan Ketua Majelis Syuro Partai Masyumi, Abdullah Hehamahua yang  melarang bertepuk tangan lantaranan dianggap budaya Yahudi.

Pernyataan tersebut Abdullah Hehamahua sampaikan saat acara Rapat Kerja Nasional DPP Partai Masyumi yang disiarkan di kanal YouTube Masyumi.

“Maaf, ciri Masyumi tidak ada tepuk tangan. Ciri Masyumi adalah takbir. Tepuk tangan adalah budaya Yahui. Saya mohon betul, sesudah ini tidak ada lagi dalam acara-acara Masyumi tepuk tangan. Tapi, ciri Masyumi adalah takbir,” tutur dia dalam  kanal YouTube Masyumi Memanggil yang dilansir jbn, di Jakarta, Minggu, 25 April 2021.

Sebelum Abdullah Hehamahua mengeluarkan statemen larangan bertepuk tangan tersebut. Ia sebenarnya tengah berbicara ihwal sejarah perjuangan politisi muslim, Islam di awal kemerdekaan Indonesia.

Berbicara juga soal perjuangan Islam jauh sebelum kemerdekaan Indonesia, sampai terbentuknya negara Indonesia.

Politisi, Akademisi Angkat Bicara

Lantaran pernyataan itulah Yahudi trending di twitter, dan banyak direspon netizen. Tak terkecuali sindiran dari para politisi dan akademisi.

Satu diantaranya, sindiran disampaikan oleh politisi PDIP Budiman Sudjatmiko. Ia menyindir larangan bertepuk tangan karena menyerupai orang Yahudi justru disampaikan oleh orang yang menyamakan dirinya dengan Nabi Musa.

“Larangan tepuk tangan (karena budata Yahudi) oleh orang yang menyamakan dirinya dengan Nabi (Nevim) Musa (Moshe),” cuit dia dalam akun twitternya.

“Pantas di film Conspiracy tentang rapat petinggi-petinggi Nazi untuk memusnahkan Yahudi, peserta rapatnya selalu tepuk meja, bukan tepuk tangan,” kata dia.

Budiman Sudjatmiko pun menunjukkan foto Rabbi Yisroel David, tokoh gerakan Naturei Karta. Gerakan Yahudi anti negara Israel. Mereka menikai orang Yahudi harus tetap tak punya negara hingga Messiah datang.

“Ini fotonya Rabbi Yisroel David, tokoh gerakan Naturei Karta. Gerakan Yahudi anti negara Israel. Mereka menikai orang Yahudi harus tetap tak punya negara hingga Messiah datang,” ujar dia.

Tak hanya Budiman Sudjatmiko, akademisi atau pakar komunikasi Ade Armando pun turut berkomentar di twitter.

Menurut Ade Armando, larangan bertepuk tangan tersebut dinilai menyerukan kebodohan dan keterbelakangan.

“Kalau seorang pimpinan partai Islam menyerukan bahwa umat Islam dilarang bertepuk tangan, karena bertepuk tangan itu tradisi Yahui, kita tentu tahu bahwa partai Islam itu hanya akan membawa Indonesia ke era kebodohan dan keterbelakangan,” kata dia[]

Leave a Reply