Uji Sampel Makanan, Sahrul Gunawan Temukan Banyak Makanan Berbahaya


Wakil Bupati Kabupaten Bandung Sahrul Gunawan tengah saat peninjauan uji sampel makanan, minuman secara mobile di Jalan Gading Tutuka, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat, 7 Mei 2021 (Foto: Instagram @sahrulgunawanofficial)

jabarnetwork.com, Wakil Bupati Kabupaten Bandung Sahrul Gunawan melakukan peninjauan uji sampel makanan, minuman secara mobilUji sampel makanan, minuman tersebut dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)  di sepanjang Jalan Gading Tutuka, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung pada Jumat, 7 Mei 2021.

Pengujian  makanan, minuman yang tersebut dilakukan secara random atau acak. Dari 29 jenis jajanan yang diuji, ternyata 2 diantaranya dinyatakan mengandung formalin dan pewarna.

“Saya beserta Ibu Kepala Dinas Kesehatan (Kabupaten Bandung) ikut menguji sampel,” tutur dia dalam unggahan di Instagramnya @sahrulgunawanofficial pada 22 jam lalu yang dikutip JBN,  Bandung,  Jumat, 7 Mei 2021.

“Saya pilih tahu goreng dan es pisang ijo. Lima (5) menit lamanya diuji dengan alat yang tersedia di mobil keliling,” kata Sahrul.

“Dan hasilnya tidak mengandung zat berbahaya,” ucap dia.

Diakuinya, memang sangat sulit membedakan jenis makanan yang aman atau justru sebaliknya, yang membahayakan bagi kesehatan.

Biar Tidak Makan Makanan Mengandung Zat Berbahaya

Sahrul Gunawan pun  memberikan tips sederhana agar makanan, minuman yang dikonsumsi tidak mengandung zat berbahaya.

Tips sederhana tersebut yakni, pilihlah makanan atau minuman yang tidak mencolok warnanya. 

“Tips simple yang bisa dilakukan, pilihlah makanan yang tidak mencolok warnanya. Seperti tadi ada kurupuk (kurupuk) mie, meni moronyoy konengna (warna kuningnya sangat mencolok),” tutur

Jadi, harus selalu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman agar terhindar dari zat yang berbahaya.

Tanggapan Netizen

Usai Sahrul Gunawan mengunggah kegiatan peninjauan uji sampel makanan secara mobile tersebut di Instagram-nya.

Netizen pun ramai berkomentar, dan dari sekian netizen yang berkomentar. Ada aktor kenamaan Ibnu Jamil.

Ia berkomentar dengan menyematkan gambar api sebanyak dua kali dan tangan bertepuk tangan tiga kali.

Sementara netizen lainnya berkomentar “Aa Alul (Sahrul) ge moronyoy gak luntur hingga akhir zaman kegantengannya, kebaikannya,” ucap @novi7741.

Ada juga netizen yang memuji kegantengan orang nomor dua di Kabupaten Bandung tersebut.

Satu diantaranya disampaikan oleh @yasminariqa “gantengnya pake formalin pak, wkwkwkw,”  ujarnya.

“Sukses selalu Pak wabup, semoga di Kab Bandung jajannya terhindar dari formalin,” ucap pemilik akun @agustina_hariani[]

Leave a Reply