Ucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional di Instagram, Kolom Komentar Presiden Jokowi Dibanjiri Keluhan, Kenapa?


Presiden Joko Widodo (Foto: Instagram @jokowi)

jabarnetwork.com, Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 yang jatuh hari ini (Selasa, 2 Mei 2021).

Presien RI  Joko Widodo (Jokowi) menggunggah foto Selamat Hari Pendidikan Nasional dalam instagram milik presiden @jokowi.

Selain itu, dalam ucapan tersebut  Presiden Jokowi mengingatkan semangat belajar anak-anak di tengah pandemi Covid-19 jangan sampai luntur.

Presiden berharap sekolah tatap muka akan segera dimulai setelah pandemi Covid-19 berakhir.

“Setahun lebih dunia terkungkung pandemi, tapi semangat belajar anak-anak kita jangan pernah lunglai. Semoga masa-masa sulit ini segera usai, dan kita semua bertatap muka lagi,” tutur Presiden Jokowi sebagaimana dalam unggahannya di Instagram @jokowi yang dikutip JBN,  Jakarta, Minggu 2 Mei 2021.

Tak lama berselang unggahan Presiden Jokowi tersebut dibanjiri kolom komentar netizen yang mengeluhkan soal pendidikan.

Tak sedikit pula yang memuji dan mendukung atau menyemangati Presiden Jokowi.

Salah satu keluhan datang pemilik akun @bkangbaron “Maaf pak, semangat belajar mereka turun karena gak bisa ngerjain soal, diitambah ada game yang menemani mereka, ditambah lagi banyak wisata baru yang bermunculan akhirnya mereka tidak fokus sama sekolah. Tapi, fokusnya malah asyik bermain dan bermain,” kata @bkangbaron. 

Ada juga netizen yang mengeluhkan soal pembelajaran daring. Hal ini disampaikan oleh  @edoss_squadartspedd “berkat daring, anak saya sudah pintar merokok, minum, dan punya keahlian preman,” kata @edoss_squadartspedd.

Netizen pemilik akun @ronydiva justru membandingkan Indonesia dengan Taiwan. Taiwan sudah mulai sekolah tatap muka sejak lama dibandingkan Indonesia yang masih belum membuka sekolah tatap muka.

“Taiwan dari awal 2020 sudah normal. Masuk seperti biasa, online Cuma awal-awal corona datang. Jadi, kalau bilang seluruh dunia unfair kayaknya harusnya jua sekolah sudah masuk,” ucap @ronydiva.

Tak sedikit netizen yang menanyakan kapan sekolah tatap muka dibuka kembali. Salah satunya datang dari pemilik akun @yantzy5 “mau tanya kira-kira kapan sekolah masuk? Tatap muka gitu?

“Kapan sekolah tatap muka, saya sudah capai sekolah online, “ ucap pemilik akun @ddendyy_

 “Semoga segera usai pandemi, kita udah kangen sama anak-anak belajar tatap muka,” ujar @alyanah65.

Ada juga netizen yang justru meminta perhatian guru, khususnya masalah gaji guru kepada Presiden Jokowi.

“Semoga guru diperhatikan soal gajinya ya pak,” kata pemilik akun @mfww.sh []

Leave a Reply