TKA Asal China Terus Masuk ke Indonesia, Said Iqbal Kenapa Pemerintah Diam Saja

(Foto: KASBI)

jabarnetwork.com, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengaku heran terhadap pemerintah yang selalu membantah, dan membela keberadaan para TKA China .

“Yang membela dan membantah tersebut adalah para pejabat pemerintah Republik Indonesia, bukan perusahaan pengguna TKA tersebut,” tutur Presiden KSPI Said Iqbal dalam siaran pers KSPI, yang diterima  JBN, Bandung, Sabtu 15 Mei 2021.

Selain itu, KSPI pun kecewa terhadap pemerintah  yang selalu diam ditengah gelombang masuknya TKA asal China ke Indonesia.

Mulai dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Tenaga Kerja.

“Hingga Dirjen Imigrasi dan  Satgas Covid 19 diam seribu bahasa,” keluh Said Iqbal.  

“Rasa untuk melindungi masyarakat dan buruh Indonesia atas nama protokol kesehatan ketat Covid-19 lenyap ditiup angin lalu,” kata dia.

“Tak berdaya menghadapi TKA China yang datang saat lebaran,” ujar dia.

Hilang kegarangan para pejabat, yang sepertinya hanya berlaku untuk para penyekat di perbatasan kota.

KSPI dan buruh Indonesia dalam hal ini tegas menolak masuknya TKA China yang bisa jadi unskill workers atau buruh kasar tersebut.

Termasuk didalamnya menuntut pemerintah segera menghentikan mendatangkan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China.

“Dan TKA dari negara lainnya, terutama di tengah pandemi Covid-19 dengan alasan apapun,” tegas dia.

“Bagi buruh, datangnya TKA China pada saat Hari Raya Idul Fitri dengan menggunakan pesawat carteran di tengah pandemi adalah sebuah ironi yang menyakitkan dan menciderai rasa keadilan,” kata dia.

Ditengah kondisi buruh dipaksa tidak mudik, banyak yang belum menerima THR. Bahkan puluhan ribu yang lain ter-PHK akibat pandemi.

Untuk diketahui, tuntutan yang disampaikan KSPI seiring berita terkait banyaknya Warga Negara Asing (WNA) asal China yang terus berdatangan masuk ke Indonesia, melalui Bandara Soekarno Hatta.

Terbaru, 110 WNA asal China masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta tepat saat saat lebaran kemarin[]

Leave a Reply