Tips Lulus Jadi Calon Pegawai Negeri Sipil 2021

jabarnetwork.com,  Meskipun pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) tak jadi membuka pendaftaran CPNS 2021 hari ini, Senin 31 Mei 2021.

Hal terpenting adalah persiapan diri supaya bisa lulus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 2021.

Apa saja yang harus dipersiapkan agar bisa lulus CPNS 2021, berikut tipsnya;

Menurut Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Bara Hermin Wijaya, terdapat sejumlah tips untuk  masyarakat yang berminat mengikuti seleksi CPNS dan PPPK.

1. Mendaftar Sesuai Jurusan

Salah satu tips agar bisa lulus CPNS yakni, ketahui persyaratan administrasi secara lengkap oleh calon pendaftar.

Terutamanya formasi, sebab bercermin dari penyelenggaraan CPNS sebelumnya calon pendaftar CPNS banyak yang berguguran karena tidak melihat formasi.

Biasanya formasi ditetapkan sesuai jurusannya (linieritas jurusan terhadap formasi). Namun nyatanya  banyak pendaftar yang justru mendaftar tidak sesuai dengan jurusan.

2. Salah Format atau Tidak Sesuai Persyaratan

Selain itu, tidak sedikit calon pendaftar yang melampirkan persyaratan administrasi tidak sesuai aturan.

Padahal faktor ini sangat berpengaruh terhadap kelulusan tahap seleksi administrasi.

“Misalkan syarat melampirka foto berlatar belakang merah, tapi ternyata banyak yang tidak sesuai,” tuturnya dikutip JBN dari siaran pers Humas Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Senin 31 Mei 2021.

Banyak juga yang tidak lulus gara-gara tidak teliti saat melampirkan berkas. Seperti berkas yang dikirim ternyata tidak terbaca meski berkas yang dikirimkan sudah sesuai.

“Pendaftaran sudah pakai pemberkasan digital. Jangan sampai tidak lulus karena hasil scan tidak jelas atau tidak terbaca,” imbau dia.

Oleh sebab itu, calon pendaftar diminta memastikan terlebih berkas yang dilampirkan sangat jelas terlihat oleh tim seleksi.

3. Jangan Mendaftar di Akhir Waktu Pendaftaran

Selain itu, tips yang tak kalah penting lainnya yakni, jangan pernah mendaftar di akhir batas waktu pendaftaran.

Sebab, sangat bisa jika website bermasalah karena yang mendaftar banyak yang akhirnya justru membuat tidak bisa mendaftar.

“Kemudian saat mengakses situs pendaftaran diusahakan di luar jam kerja,” imbau dia.

4. Persiapkan Diri

Apabila dinyatakan lulus pada tahap seleksi administrasi, calon pendaftar CPNS diimbau untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

“Mulai belajar dengan giat dan sungguh-sungguh, tak lupa persiapkan juga kondisi fisik saat ujian nanti,” pinta dia.

5. Jangan Tergesa-Gesa

Meski sepele, tetapi sebaiknya mulai diperhatikan. Saat seleksi ujian nanti calon pendaftar CPNS diharapkan jangan terburu-buru atau tergesa-gesa.

“Persiapkan juga apa yang dipersyarakat saat ujian nantni, ATK dan lain-lainnya pun sebaiknya dipersiapkan,”  ujar dia.[]

Leave a Reply