Tingkatkan Kesadaran Bayar Pajak, Ini yang Dilakukan P3DW Subang

Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Subang Lovita Adriana Rosa

jabarnetwork.com, Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Subang Lovita Adriana Rosa menuturkan, saat ini institusinya tengah masif melakukan sosialiasi mandiri atau kolaborasi.

Sosialisi  peningkatan pengetahuan dan wawasan masyarakat ihwal sistem sampai peraturan perpajakan yang berlaku sekarang.

Terutamanya tentang bagaimana cara menjalankan kewajiban perpajakan  yang sesuai dengan undang undang yang berlaku. 

“Kolaborasi Sosialisasi perpajakan daerah dan layanan publik sangat diperlukan untuk layanan, dan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya membayar pajak,” tutur dia dikutip JBN dari siaran pers P3DW Subang yang diterima di Bandung, Minggu 30 Mei 2021.

Khususnya kesadaran masyarakat tentang manfaat pajak menjadi salah satu sumber pemasukan bagi daerah untuk membiayai pembangunan,

“Dan mensukseskan program-program kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Apalagi lanjut Lovita menjelaskan, berbagai fasilitas pelayanan pajak telah diberikan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Pendapatan.

“Untuk melakukan dan meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat sebagai wajib  pajak,” jelas dia.

Hal tersebut dilakukan tak lain untuk  memudahkan masyarakat saat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

“Dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah dari sektor  Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB,” ucap dia.

Sosialisasi kolaborasi yang belum lama dilakukan P3D Wilayah Subang diantaranya;

Sosialisasi program layanan Samsat dan pelayanan terpadu di  di Alun-alun Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang pada Kamis, 27 Mei 2021.

Sosialisasi tersebut tambah dia, dilakukan dalam rangka intensifikasi kolaboratif pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Tahun 2021.

“Sosilisasi kemarin itu kita juga menggandeng Bapenda Kab. Subang untuk pelayanan PBB dan Disdukcapil untuk pelayanan kependudukan,” tambah dia.

Kegiatan tersebut melibatkan masyarakat perwakilan dari  10 desa diantaranya;  mitra bjb, BumDes.

“ Dan masyarakat yang memanfaatkan layanan publik yang telah kami disediakan di mobil layanan,” ucap dia.

,Dalam sosialiasi kemarin, pihaknya pun menyososialisasikan ihwal  program Samsat melalui berbagai tool yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Seperti Layanan e-Samsat yg membawa dampak baik dalam transparansi tranksaksi publik dan membantu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wajib pajak yang ingin melakukan transaksi. Masyarkat juga bisa memanfaatkan BumDes terdekat untuk membayar pajaknya[]

Leave a Reply