Tanggapan DPRD Jabar terkait Viral Video Money Politics Jelang Pencoblosan

Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra Persatuan Ihsanudin (tengah ) bersama Anggota DPRD Jawa Barat lainnya dalam kunjungan kerja ke KPUD Kabupaten Karawang .

jabarnetwork.com, Menanggapi viralnya video uang cendol atau praktik money politics di Kabupaten Bandung dan beberapa wilayah lain di Jabar yang saat ini tengah menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra Persatuan Ihsanudin, meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar menindak tegas para calon kepala daerah  yang terbukti melakukan praktik money politics termasuk praktik politik uang yang dilakukanmelalui tim suksesnya di lapangan.

“Ada kasus uang cendol (bagi-bagi amplop jelang pencoblosan oleh tim sukses salah satu paslon) yang saat ini viral di media sosial. Saya meminta Bawaslu Jabar transparan, tindak tegas dan jangan mencoba menutup-nutupi kasus tersebut. Harus bisa independen, “ tegas dia disela-sela kunjungan kerja ke KPUD Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa 8 Desember 2020.

Ihsanudin berharap Bawaslu Jabar menindak tegas pelaku money politics dalam video tersebut, termasuk memberikan sanksi tegas terhadap calon kepala daerahnya yang diduga kuat mensponsori aksi tersebut.

“Di lapangan geger video-video tertangkapnya oknum tim sukses yang membagikan politik uang atau sebagian masyarakat menyebutnya uang cendol. Segera tindak tegas sesuai aturan main,” pinta dia.

Setiap ada indikasi pelanggaran kata dia, Bawaslu Jabar diminta segera bertindak. Jangan ada asumsi negatif dari masyarakat. Bawaslu diminta  ketat dalam pengawasan, apalagi menjelang pencoblosan yang biasanya praktik money politics mulai masif dilakukan pasangan calon melalui tim suksesnya atau tim akar rumputnya.

Apresiasi Kesiapan KPUD Kab Karawang

Disisi lain, Ihsanudin pun mengapresiasi kesiapan KPUD Kabupaten Karawang dalam mitigasi risiko penularan Covid-19 saat pencoblosan nanti, termasuk dengan kesiapan logistik di semua TPS yang ada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

“Saya mengapresiasi pantia penyelenggara atas kesiapan dan upaya antisipatif menyebarnya Covid-19. Semua TPS dan pemilik suara harus steril dari wabah Corona. Kita ikhtiar, agar pandemi ini segera berakhir,” kata Ihsanudin.

Dalam kunjungan kerja pemantauan kesiapan penyelenggaraan dan pengawasan di KPUD Kabupaten Karawang, selain Ihsanudin. Ikut hadir bersama yakni, Sri Rahayu Agustina (Fraksi Partai Golar), Abdul Hadi Wijaya (Fraksi PKS), Sabil Akbar (Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia)[]

Leave a Reply