Sosok Inspiratif Kartini Masa Kini, Danlanal Bandung Tresna Kusumawati Dipuji Susi Pudjiastuti


Danlanal Bandung (Komandan Lanal Bandung) Kolonel Laut Tresna Kusumawati (Foto: instagram @Lanal_Bandung)

jabarnetwork.com, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja 2014-2019 Susi Pudjiastuti, mendorong para wanita Indonesia untuk terus meneruskan cita-cita Raden Ajeng Kartina dalam emansipasi wanita.

“Saya Susi Pudjiastuti ingin mengucapkan selamat Hari Kartini. Kita peringati hari kelahiran Raden Ajeng Kartini dengan terus meneruskan cita-cita emansipasi, terus berkarya, berkarir,” tutur dia dalam cuitan di Twitter pada Rabu 21 April 2021, yang dikutip jbrn, Jakarta, Rabu 21 April 2021.

Tak hanya itu, pada momentum Hari Kartini Susi Pudjiastuti mengingatkan jangan ada lagi bentuk diskriminasi terhadap wanita, membedakan wanita (dalam konteks potensi diri) karena jika lelaki bisa, wanita pun pasti bisa.

“Saya bersama Bapak Bupati Pangandaran (Jeje Wiradinata) dan Danlanal Bandung (Komandan Lanal Bandung, Kolonel Laut Tresna Kusumawati). Ia seorang wanita, wanita bisa apa saja dan siapa saja tak usah takut dan khawatir. Emansipasi selalu bisa kita capai,” kata Susi.

Asalkan, kerja keras, konsisten dan integritas menjadi modal utama. Wanita pasti bisa, bila mau wanita bisa melakukan dan menjadi apa saja yang dia inginkan.

Siapakah Danlanal Bandung Tresna Kusumawati yang di Puji Susi Pudjiastuti?

Saat memberikan ucapan selamat Hari Kartini dalam cuitan Twitter-nya, Susi Pudjiastuti memuji sosok Danlanal Bandung (Komandan Lanal Bandung, Kolonel Laut Tresna Kusumawati) yang dinilainya sebagai sosok inspiratif Kartini masa kini.

Siapakah sosok inspiratif tersebut?

Kolonel Laut Tresna Kusumawati dilantik sebagai Komandan Lanal Bandung pada 12 Maret 2021.

Kolonel Laut Tresna Kusumawati merupakan sosok wanita satu-satunya yang berhasil menjadi Komandan Lanal Bandung, karena sebelumnya Komandan Lanal Bandung selalu dipimpin oleh laki-laki.

Diantaranya, ada Kolonel Laut Sunar Solehuddin, Kolonel Laut Eko Vidiyantho, Kolonel Laut Johanes Djanarko Wibowo, Kolonel Laut Iswan Sutiswan.

Ia dilantik menggantikan Danlanal Bandung sebelumnya yakni, Kolonel Laut Batos Laksono.

Kolonel Laut Tresna Kusumawati dilantik secara langsung oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danmal) III, Brigjen TNI (Mar) Umar Faruq.

Kolonel Laut Tresna Kusumawati sebagai Kepala Pangkalan TNI AL Bandung (Lanal Bandung) mengemban tugas pokok satu diantaranya;

Memberikan dukungan logistik, administrasi bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut dan melaksanakan pembinaan peran TNI AL, dan melaksanakan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan wilayah keamanan laut.

Untuk wilayah kerja Danlanal Bandung, Kolonel Laut Tresna Kusumawati meliputi 500 kilometer yang mencakup wilayah Pelabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi hingga Pangandaran[]

Leave a Reply