Soroti Arus Balik ke Jakarta, Begini Saran Susi Pudjiastuti

, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti (Foto: Instagram @susipudjiastuti115)

jabarnetwork.com, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menyoroti arus balik pemudik, terutama arus balik ke Jakarta.

Arus balik Idul Fitri 2021 diprediksikan terjadi pada H+3 dan H+7 lebaran atau terjadi pada Minggu, 16 Mei sampai Kamis, 20 Mei 2021.

Menurut Susi Pudjiastuti, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten sebaiknya bekerja sama supaya masyarakat yang sudah memaksa mudik kemarin untuk tetap tinggal di desa atau daerahnya.

“Beri insentif untuk mereka bisa mulai kerja di daerah masing-masing. Membangun desa atau daerahnya. Jakarta bisa terbantu,” tutur dia sebagaimana dalam cuitannya di Twitter @susipudjiastuti dikutip JBN, Bandung, Sabtu 15 Mei 2021.

Polri Perketat Pengawasan Arus Balik

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono telah menginstruksikan utuk perketat pengawasan sebagai antisipasi puncak arus balik lebaran 2021.

Diprediksikan, kurang lebih ada 1,5 juta pemudik akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“Angka tersebut mengacu pada data Kementerian Perhubungan yang mencatat ada 1,5 juta warga Jabodetabek yang melakukan perjalanan di hari peniadaan mudik,” tutur dia , Bandung, Sabtu 15 Mei 2021.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan lanjut Istiono mengatakan, masyarakat yang berasal dari Jabodetabek melakukan mudik ke Jawa dan Sumatera.

“Ini yang perlu dikelola perjalanan balik ke Jabodetabek. Oleh karenanya kami antisipasi mobilisasi kendaraan roda empat dan roda dua di jalur tol maupun arteri,” kata dia.

Salah satu antisipasi arus balik ke Jabodetabek yang dilakukan Polri diantaranya, memastikan masyarakat yang kembali ke Jabodetabek terbebas dari Covid-19 dengan menyertakan bukti bebas Covid-19.

Satu diantaranya, membawa surat keterangan hasil swab antigen atau PCR swab test yang menunjukkan hasil negatif.

Oleh sebab itu pemudik diminta melakukan tes Covid-19 terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

“Bagi masyarakat yang ternyata tidak membawa surat bebas Covid-19 akan dilakukan tes acak di lokasi yang telah ditentukan,” ucap dia.

Selain itu, upaya lainnya yakni  mengantisipasi arus lalu lintas selama puncak arus balik agar tetap lancar.

Polri bersama Satgas Covid-19 nasional dan daerah telah menyiapkan 109 titik check point di rest are dan gate toll serta 83 di titik jalur arteri jalan nasional.

“Dari Jawa dan Sumatera menuju Jakarta dengan melaksanakan kegiatan tes cepat antigen secara acak yang dimulai hari ini,”  ucap dia[]

Leave a Reply