Soal Revitalisasi 3 Pasar Tradisional di Majalengka, Ini Kata Pepep Saepul Hidayat

JABARNETWORK|BANDUNG – Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra Persatuan, Pepep Saepul Hidayat menanggapi soal permintaan revitalisasi 3 pasar tradisional di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Tiga pasar tradisional di Kabupaten Majalengka yang diminta direvitalisasi oleh masyarakat tersebut yakni, Pasar Jatitujuh, Cigasong dan Pasar Kadipaten.

Menurut Pepep Saepul Hidayat, terkait revitalisasi pasar. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memiliki program yang disebut Pasar Juara. Program Pasar Juara ini bertujuan untuk pengembangan dan optimalisasi pasar rakyat atau pasar tradisional.

Melalui program Pasar Juara tersebut pemerintah daerah, dalam hal ini Pemkab Majalengka bisa berkolaborasi dalam hal pembiayaan untuk membangun atau merevitalisasi pasar-pasar tradisional yang ada di Majalengka, Jawa Barat.

“Terkait peningkatan level pasar (revitalisasi pasar), Pemprov Jabar punya program Pasar Juara. Melalui program tersebut Pemda Majalengkabisa membangun kolaborasi (mengajukan revitalisasi pasar),” kata dia, Bandung, Jumat 17 Februari 2023.

Salah satu contoh pembangunan pasar yang sudah terealisasi dengan sistem kolaborasi melalui program Pasar Juara tersebut yaitu, Pasar Tanjungsari di Kabupaten Sumedang, Jabar.

“Pasar Tanjungsari di Kabupaten Sumedang terealisasi dengan sistem kolaborasi dalam pembiayaannya,” kata dia.

Melalui program Pasar Juara, dimana pembangunannya lewat kolaborasi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka, Pemerintah Provinsi Jabar dan pemerintah pusat. Para pedagang pasar mendapat tempat untuk berjualan secara gratis.

“Pemprov Jabar itu justru mendorong (daerah) untuk ikut program Pasar Juara. Hasil kolaborasi antara Pemprov, Pemkab dan pemerintah pusat,” tambah dia.

Untuk diketahui, tiga pasar tradisional di Kabupaten Majalengka diusulkan direvitalisasi. Namun demikian, revitalisasi tersebut membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Sementara kemampuan daerah tidak memiliki anggaran untuk merevitalisasi 3 pasar tradisional.***

Leave a Reply