Satgas Covid-19 Keluhkan Vaksinasi Lansia di Jabar Masih Rendah

Petugas sedang menyuntikkan vaksin.

jabarnetwork.com, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengakui cakupan vaksinasi bagi masyarakat kelompok lanjut usia (Lansia) di Jawa Barat tergolong masih rendah.

Menurut Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat,  Marion Siagian jumlah target lansia yang divaksin Covid-19 di Jawa Barat sebanyak 4.403.983 orang.

Kondisi saat ini, berdasarkan data pen-proud.udata.id per 26 Mei 2021, lansia yang sudah di vaksin dosis I baru 391.449 orang atau 8,89%.

Sedangkan lansia yang sudah disuntik dosis II sekitar 270.812 orang atau 6,15 %.

“Berdasarkan data tersebut kita akui cakupan vaksinasi bagi lansia di Jawa Barat tergolong rendah,” ungkap dia dikutip JBN dari siaran pers Humas Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Bandung, Minggu 30 Mei 2021.

Masih rendahnya vaksinasi untuk lanjut usia di Jawa Barat lanjut dia mengatakan, disebabakan beberapa faktor.

Diantaranya; faktor usia yang menyulitkan lansia untuk berangkat menuju lokasi demi mendapatkan layanan vaksinasi.

Perlu pendampingan dari keluarga, tidak sedikit lansia yang butuh didampingi tidak bisa pergi untuk vaksin sendirian.

Kemudian, terbanyak faktor komorbid atau penyakit penyerta yang menyebabkan lansia terkendala untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Selain itu, banyak lansia yang tidak mau divaksin, dan kendala masih ada saja anggota keluarga yang memiliki lansia yang tidak mau orang tuanya (lansia) divaksin Covid-19.

“Ada sejumlah keterbatasan bagi lansia untuk mengikuti vaksinasi. Faktor komorbid paling mendominasi selain masalah jarak menuju pos vaksinasi,” ucap dia.

Melihat kondisi rendahnya cakupan vaksin bagi lansia di Jawa Barat tambah Marion, pihaknya berjanji bakal segera mengebut vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat kelompok lanjut usia (Lansia).

Kurang lebih 4.403.983 lanjut usia ditargetkan sudah divaksin Covid-19 atau selesai tahun ini.

“Kita akan menerapkan strategi jemput bola.  Salah satunya membentuk pos vaksinasi di level desa atau kelurahan untuk memperluas cakupan vaksinasi bagi lansia di Jawa Barat,” tambah dia.

Diharapkan dengan membentuk pos vaksinasi di level desa atau kelurahan tersebut, bisa lebih mendekatkan jarak lansia kepada layanan vaksin Covid-19.

Sehingga target kurang lebih 4.403.983 lansia sudah divaksin Covid-19 bisa segera terealisasI[]

Leave a Reply