Ridwan Kamil Gagas Digital West Java


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Humas Pemda Provinsi Jawa Barat)

jabarnetwork.com, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berencana akan membuat Digital West Java dalam waktu dekat.

Masterplan dari Digital West Java ini akan segera dirancang.

Nantinya Digital West Java tidak hanya fokus pada  digital goverment,  tetapi akan terus mengedukasi pengguna internet agar bisa memiliki perilaku ramah berdigital.

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara peluncuran Program Literasi Digital Nasional,  tagline Indonesia Makin Cakap Digital 2021 yang disiarkan secara daring di seluruh Indonesia, Kamis, 20 Mei 2021.

Menurut orang nomor satu di Jawa Barat ini, digagasnya Digital West Java untuk mengimbangi cepatnya digitalisasi dengan mental para penggunanya.

“Digital West Java (diharapkan) sebagai fondasi yang lebih baik dalam menggunakan teknologi di Indonesia,  khususnya di Jawa Barat,” tutur dia dikutip JBN dari siaran pers Humas Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Bandung, Kamis 20 Mei 2021.

Jangan disepelekan fondasi mental para pengguna digital tersebut.

“Kita butuh fondasi. Jangan disepelekan.Percepatan teknologi seimbang dengan mental yang baik,” tegas dia.

Tak hanya akan membuat Digital West Java untuk sokong program pemerintah pusat yakni, Literasi Digital Nasional.

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat pun saat ini tengah fokus mengembangkan insfrakstruktur digital di pelosok desa.

Sehingga warga Jawa Barat yang berada di pelosok desa bisa ikut menikmati internet. Bisa mengubah ekonomi menuju kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Pengembangan infrastruktur digital di desa, daerah yang jadi fokus kami, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat,” klaim dia.

Sehingga tak ayal, pusat digital yang dimiliki Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat diganjar penghargaan lebih dari empat penghargaan dalam dan luar negeri.

“Infastruktur digital bisa mengubah masyarakat pelan-pelan. Kami berhasil mengubah. Ada pengusaha kecil yang  beromzet  Rp10 juta jadi naik menjati ratusan juta (berkat adanya infastruktur digital,” ujar dia.

Sebelumnya, Pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI meluncurkan Program Literasi Digital Nasional dengan tagline Indonesia Makin Cakap Digital 2021.

Peluncuran program tersebut dilakukan bertepatan pada Hari Kebangkitan Nasional 2021, Kamis, 20 Mei 2021.

Peluncuran tersebut langsung oleh Presiden RI Joko Widodo melalui daring, dan diikuti oleh banyak pejabat dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan pejabat, institusi terkait melalui daring[]

Leave a Reply