Ridwan Kamil Cerita Hobi Barunya Mendesain Motif Batik


 (Foto: Humas Pemprov Jabar)

jabarnetwork.com, Belum lama ini batik buatan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil viral di media sosial usai dipakai artis K-Pop Leeteuk dan Lesung Super Junior.

Batik buatan orang nomor satu di Jawa Barat yang dipakai Leeuteuk dan Lesung tersebut  memiliki motif garuda kujang kancana, dengan kombinasi mega mendung dan kawubg di bagian tengah dan bawah.

Sebelum viral karena dipakai artis K-Pop Leeteuk dan Lesung Super Junior.

Ridwan Kamil mengaku,  awalnya model batik yang dipakai artis K-Pop Leeteuk dan Lesung Super tersebut merupakan hadiah untuk para dubes yang berkunjung ke rumah dinas Gedung Negara Pakuan.

“Para duta besar yang datang ke Gedung Pakuan saya kasih batik ,” tutur dia dalam siaran pers yang dikutip JBN, Bandung, Selasa 25 Mei 2021.

Hadiah batik dari Ridwan Kamil sebagai oleh-oleh dari Jawa Barat untuk para duta besar yang datang ke Gedung Pakuan tersebut, ternyata diberikan untuk artis K-Pop kenamaan Korea Selatan, Super Junior.

Kemudian dijahit hingga menjadi baju batik  keren, dan di unggah di Instagram Leeteuk dan Lesung Super Junior hingga akhirnya viral.

“Saya tak menduga yang awalnya hanya sebagai oleh-oleh dari Jabar untuk para dubes, lalu diberikan untuk K-Pop Super Junior,” kata dia.

Sebelum diberikan ke Leeteuk dan Lesung Super Junior, memang sebelumnya Dubes meminta izin terlebih dahulu kepada Ridwan Kamil untuk dijadikan hadiah kembali.

“Ternyata dia jahit, dipakai dan di unggah di media sosial hingga akhirnya viral,” ucap dia.

Menurut dia, batik merupakan bentuk diplomasi budaya di Jawa Barat, di Indonesia secara umum.

Ia sangat percaya, setelah viral batik yang dipakai artis K-Pop kenamaan Korea Selatan, Super Junior. Batik akan semakin mendunia.

“Suatu hari akan mendunia, karena orang Korea pun pakai batik. Batik adalah diplomasi budaya Jawa Barat, Indonesia,” ucap dia.

Terutamanya karena batik sudah memeroleh pengakuan dunia dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (Unesco) pada 2009.

Ridwan Kamil pun tak menyangka, berawal karena bosan membeli batik dengan motif yang itu-itu saja.

Akhinya mulai rajin mendesain batik sendiri, banyak yang suka lalu berinisiatif jadi hadiah untuk para tamu yang datang ke Gedung Pakuan, hingga akhirnya viral di media sosial.

“Saya akan mencoba meniru pakai batiknya kayak orang Korea yang pakai kemeja batik ditambahi lagi jas batik, keren,” kata dia[]

Leave a Reply