Prediksi Cuaca Satu Mingguan, Begini Penjelasan BMKG

JABARNETWORK|BANDUNG РBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Barat merilis prospek cuaca mingguan untuk wilayah Jabar.

Dalam rilis prospek cuaca mingguan yang disampaikan BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Barat disebutkan, dalam sepekan ke depan yakni Senin 13 sampai Minggu 19 Februari 2023 diperkirakan beberapa fenomena masih dipengaruhi oleh pembentukan awan yang dapat mengakibatkan peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah Jawa Barat.

Analisa BMKG menyebutkan, aktivitas gelombang atmosfer Kelvin diperkirakan akan cukup aktif di sebagian wilayah Jawa. Aliran massa udara dingin dari Asia atau monsoon Asia dominan masuk ke wilayah Indonesia bagian Barat.

Sehingga angin di wilayah Jawa Barat masih didominasi oleh angin barat. Kondisi labilitas lokal di sebagian wilayah Jawa Barat masih cukup signifikan.

Faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Berdasarkan prakiraan kondisi global, regional dan model probalistik, diperkirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terdapat di sebagian kabupaten dan kota di wilayah Jabar untuk sepekan ke depan.

Sedangkan potensi hujan sangat lebat hingga ekstrem disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah berikut ini;

Potensi Hujan Sangat Lebat hingga Ekstrem Disertai Kilat atau Petir dan Angin Kencang Berlaku Senin 13 Februari 2023

  1. Kabupaten Subang
  2. Kabupaten Sumedang
  3. Kabupaten Majalengka
  4. Kabupaten Kuningan
  5. Kabupaten dan Kota Cirebon
  6. Kabupaten Garut
  7. Kabupaten dan Kota Tasikmalaya
  8. Kabupaten Ciamis
  9. Kota Banjar
  10. Kabupaten Pangandaran
  11. Kabupaten dan Kota Bogor
  12. Kabupaten dan Kota Bekasi
  13. Kota Depok
  14. Kabupaten Karawang
  15. Kabupaten dan Kota Sukabumi
  16. Kabupaten Cianjur
  17. Kabupaten Purwakarta
  18. Kabupaten dan Kota Bandung
  19. Kabupaten Bandung Barat
  20. Kota Cimahi ***

Leave a Reply