Pertamina, Proyek Gas JTB Segera Rampung. Jatim Bakal Punya Sumber Gas Sendiri


Menteri ESDM Arifin Tasrif (tengah) bersama Direktur Utama Pepc Awang Lazuardi (kanan) dan pejabat terkait dalam kunjungan ke proyek JTB ( Foto: www.pertamina.com)

jabarnetwork.com, Pertamina, Proyek pengembangan gas lapangan unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) bakal segera beroperasi.

Sampai saat ini proyek tersebut sudah mencapai 89%, artinya proyek tersebut semakin menampakkan hasil yang signifikan.

Menurut Menteri ESDM, Arifin Tasrif proyek JTB sangat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan energi gas di Jawa Timur.

“Beroperasinya proyek pengembangan gas lapangan unitisasi JTB diharapkan dapat memasok akan kebutuhan gas,” tutur dia seperti dilansir jbn, dari pertamina, di Jakarta, Jumat, 23 April 2021.

Sementara itu, Direktur Utama PEPC Awang Lazuardi mengatakan proyek pengembangan gas lapangan unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) on the track sesuai target.

Meski sebelumnya, terdapat kendala yakni proses fabrikasi alat dan pengiriman dari luar negeri.

Akibat pandemi Covid-19 di luar negeri, hal ini mempengaruhi jadwal pengiriman ke Indonesia.

“Secara keseluruhan kita masih memiliki selisih kemajuan yang cukup meskipun ada beberapa part yang belum tiba. Namun, kami optimis bahwa target on the track akan dicapai sesuai jadwal,” kata dia.

Untuk bisa sesuai target ditengah kendala yang ada, salah satu solusi yang dilakukan yakni menambah jumlah tenaga kerja yang turun di lapangan untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan yang komponennnya telah tersedia di dalam negeri.

“Semua dilakukan secara paralel dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” ujar dia.

Awang berjanji, proyek JTB ini bisa beroperasi pada November 2021. Diharapkan, dari rampungnya proyek ini, hasil gas yang diproduksi nanti bisa memenuhi kebutuhan gas wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, demi tercapainya kedaulatan energi nasional.

“Lapangan unitisasi gas JTB akan menghasilkan sales gas sebesar 192 MMSCFD yang dihasilkan dari 6 sumur produksi serta memiliki cadangan sebanyak 2,5 triliun TFC,” ujar dia.

Dalam uji coba sumur produksi yang dilakukan oleh tim drilling beberapa waktu lalu, masing-masing sumur menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan yakni di atas target yang telah ditetapkan.

Untuk diketahui proyek pengembangan gas lapangan unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) berlokasi di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Proyek JTB ini merpakan salah satu proyek strategis nasional di sektor energi yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 2020[]

Leave a Reply