Pepep Saepul Hidayat Dukung Langkah Strategis yang Dilakukan Pemprov Jawa Barat Dalam Mengatasi Wabah PMK

Anggota DPRD Jawa Barat asal PPP, Pepep Saepul Hidayat */DPW PPP Jawa Barat/

Jabarnetwork.com, Anggota DPRD Jawa Barat asal PPP, Pepep Saepul Hidayat mendukung langkah strategis yang dilakukan Pemprov Jabar dalam mengatasi wabah PMK.

Di Jawa Barat tercatat kurang lebih 662 ekor hewan ternak terkena penyakit mulut kaki alias PMK, dan 300 diantaranya dinyatakan sembuh dari PMK.

Diketahui PMK di Jawa Barat tersebar di 6 kabupaten dan kota diantaranya; Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Sumedang dan Kabupaten Kuningan).

Mengingat dalam waktu dekat umat Islam salah satunya di Jawa Barat akan merayakan Idul Adha dan kebutuhan terhadap hewan ternak tinggi. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah melakukan antisipasi.

Menurut Pepep Saepul Hidayat,  langkah strategis yang dilakukan Pemprov Jawa Barat dalam mengetasi PMK jelang Idul Adha yaitu, peningkatan pengawasan terhadap arus lalu lintas peredaran hewan kurban yang diprediksikan mulai mengalami peningkatan jelang hari raya Idul Adha 1443 H tahun ini sudah sangat baik.

Sebab, pengawasan dilakukan guna mengantisipasi kemunculan wabah penyakit mulut dan kuku ataupun penyakit menular lainnya pada hewan ternak, khususnya sapi.

Apalagi, kata Pepep Saepul Hidayat selain peningkatan pengawasan Pemerintah Provinsi Jabar pun sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) PMK.

Hingga melakukan koordinasi dengan para bupati atau wali kota terkait pemantauan terhadap pergerakan hewan ternak di Jabar.

“Pemantauan terhadap hewan ternak, khususnya kesehatan ternak agar diperiksa apakah sudah lulus kesehatan dari tempatnya berangkat atau tidak. Itu sudah cukup baik dan efektif mencegah PMK,” ucap dia. ***

Leave a Reply