Penjelasan BMKG Terkait Gempa Magnitudo 2,5 di Kabupaten Cianjur Kemarin Malam

JABARNETWORK|BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan terkait gempa magnitudo 2,5 yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto mengatakan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diguncang gempa magnitudo 2,5 pada pukul 21.41 WIB. Gempa yang mengguncang Cianjur merupakan jenis gempa tektonik.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi di Kabupaten Cianjur kemarin malam berkekuatan magnitudo 2,5. Episenter gempa terletak pada koordinat 6.85 LS dan 107.1 BT.

“Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada kedalaman 10 Km,” kata Hartanto dalam siaran keterangan tertulisnya, Bandung, Senin 13 Februari 2023.

Terkait jenis dan mekanisme gempa, denganmemperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang. 

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG, dan berdasarkan laporan dari masyarakat. Gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Cibereum, Cilaku, Ciseupan, Nagrak dengan Skala Intensitas II MMI,” tambah dia.

“Tidak ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut” sambung dia.

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG sejak 21 November 2022 hingga Minggu 12 Februari 2023 pukul 22:00 WIB telah terjadi gempa bumi di wilayah Cianjur sebanyak 510 kali. ***

Leave a Reply