Manfaat Membaca Bagi Anak dan Dewasa

Sumber: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

jabarnetwork.com, Kegiatan membaca meski hanya sekadar meniti aksara demi aksara, atau hanya sekedar membaca secara singkat sangat penting dilakukan baik bagi dewasa terutama untuk anak. Pasalnya, kegiatan ini kaya akan manfaat terutama bagi anak agar memiliki disiplin dan penerapan budaya membaca.

Menurut Psikolog dari Universitas Islam Bandung, Agus Sofyandi kegiatan membaca sangat bermanfaat baik bagi dewasa terutama anak, karena kegiatan ini banyak manfaatnya salah-satunya semakin bertambah dan berkembangnya ilmu pengetahuan berkat informasi yang terkandung dalam bacaan.

“Untuk itu,orang tua harus dorong anaknya untuk melakukan kegiatan membaca ini, begitu juga dengan orang dewasa agar terus giat membaca,” tuturnya saat dihubungi dari Bandung, Kamis (30/05/2019).

Adapun manfaat lainnya dari kegiatan membaca sebagai berikut;

1. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Manfaat dari membaca antara lain meningkatkan kemampuan menulis, dimana tingginya kemampuan literasi otomatis akan menguasai kosakata dan mendorong seseorang untuk menulis.

“Semakin banyak membaca biasanya semakin mendorong seseorang untuk menulis,”katanya.

Untuk itu,biasakanlah anak membaca dan menulis dimulai dari menulis buku harian, cerita pendek, hingga belajar menulis uraian panjang baik fiksi maupun non fiksi.

2. Tingkatkan Kemampuan Berpikir Analitis

Selain itu, tambah Agus dengan banyak membaca akan mengasah kemampuan berpikir analitis. Pasalnya, kegiatan membaca mengembangkan logika berpikir, dan merangsang memahami proses sebab-akibat, hingga meningkatkan berpikir secara runtut dan terstruktur.

3. Bertambahnya Kosakata dan Kemampuan Literasi

Lalu, manfaat lain dari membaca adalah bertambahnya kosakata dan tentunya meningkatkan kemampuan literasi Anda.

4. Melatih Otak

Manfaat membaca setiap hari akan menstimulasi otak untuk tetap bekerja. Sehingga, dapat mengurangi risiko terkena dementia dan alzheimer.

5. Mengelola Stress

Kemudian, manfaat membaca lainnya yaitu dapat mengelola stress dengan baik. Pasalnya, melalui membaca seperti novel yang memiliki alur memikat atau topik yang menarik minat menjadikan pikiran terbebas dari beban masalah.

“Imajinasi yang terbentuk saat membaca cerita akan membawa lebih relaks dan stress pun hilang dengan sendirinya,” tambahnya.

6. Meningkatkan Ilmu Pengetahuan

Manfaat membaca lainnya yaitu meningkatkan ilmu dan pengetahuan. Hal ini penting untuk semakin mengembangkan hidup, baik dalam relasi sosial maupun yang berhubungan dengan pekerjaan. 

Leave a Reply