Lebaran 2021, Ridwan Kamil Sedih Lantaran Tak Bisa Bertemu Ibunda Tercinta


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) bersama anak bungsunya Arka Aidan Misbach (tengah) dan istri Atalia Praratya Ridwan Kamil (kanan) (Foto: Instagram @ridwankamil)

jabarnetwork.com, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku sedih karena tidak bisa mudik, tidak bisa bertemu ibu tercinta di Hari Raya Idul Fitri 2021.

Kondisi ini sama seperti masyarakat lainnya, yang sebagian besar tidak bisa mudik, tidak bisa berkumpul dengan keluarga karena kebijakan larangan mudik.

“Sedih seperti yang lain. Hari Lebaran ini belum bisa mudik bertemu ibunda tercinta karena aturan pandemi ini,” tutur dia dalam unggahan di Instagramnya @ridwankamil yang dikutip JBN, Bandung, Kamis 13 Mei 2021.

Namun demikian, ia merasa masih bisa bahagia karena kehadiran anak bungsunya Arka Aidan Misbach @arkanaidan  di hari spesial Idul Fitri 2021.

“Happy Hari Lebaran dari keluarga kami. Tahun ini istimewa karena kehadiran si anak bungsu yang menjadi cahaya kebahagian baru kami,” kata dia.

“Semoga semua berbahagia walaupun suasana belum normal dan belum sempurna,” harap Ridwan Kamil.

Dua Kali Lebaran di Tengah Pandemi

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan salat Idul Fitri 2021 di Rumah Dinas Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Pelaksanaan salat Idul Fitri tetap disiplin protokol kesehatan yang ketat. Selain jaga jarak dan pakai masker, salat Idul Fitri yang dilakukan Ridwan Kamin hanya diikuti oleh keluarga dan pegawai Gedung Pakuan.

”Ini tahun kedua kita menjalani Idul Fitri dalam suasana pandemi. Saya hanya mendoakan semoga semua lulus ujian di Bulan Ramadhan yang lebih utama adalah ujian kesabaran,” kata dia.

Dia menambahkan, perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Merayakan hari kemenangan di rumah masing-masing menjadi salah satu upaya untuk mencegah penularan dan membatasi ruang gerak SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

“Umat Islam mesti beradaptasi dan menunda tradisi-tradisi di hari kemenangan,” kata dia.

“Yang terpenting saat ini warga Jabar harus mengutamakan kesehatan keluarga, baik di rumah dan kampung halaman,” harap dia.

Kesabaran adalah hal pentin dalam menghadapi kesusahan di masa pandemi. Kesabaran menghadapi larangan pembatasan mudik, juga pelaksanaan Idul Fitri yang mungkin tidak nyaman.

“Tapi itulah esensi ujian dan esensi latihan kesabaran,” ujar dia[]

Leave a Reply