Kudeta dan Penjegalan AHY di Pilpres 2024

jabarnetwork.com, DPD Partai Demokrat Jawa Barat menduga kuat isu kudeta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) erat kaitannya dengan kepentingan politik di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Sugianto Nangolah, kudeta ini sebagai salah satu upaya menjegal AHY maju sebagai calon presiden dari Partai Demokrat pada Pilpres 2024. Apalagi AHY menjadi calon kuat dari Partai Demokrat yang bakal maju di Pilpres 2024, mengingat AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang sah ditambah dengan hasil survei menunjukkan elektabilitas AHY yang terus meningkat. Begitu juga  dengan elektabilitas Partai Demokrat yang terus menunjukkan peningkatan terutama  di bawah kepemimpinan AHY

Tak heran ada beberapa pihak yang tak suka terhadap AHY, atau dengan kata lain ada dugaan kuat kelompok atau pihak tertentu merasa tersaingi atau khawatir kalau AHY bisa melenggang mulus menjadi calon presiden dari Partai Demokrat atau bisa saja kekhawatiran AHY menang di Pilpres 2024.

“Menanggapi isu kudeta AHY ini banyak kemungkinan-kemungkinannya. Tak bisa dipungkiri isu ini erat kaitannya dengan Pilpres 2024. Pertama banyak pihak (temasuk kader) yang ingin maju menjadi capres atau cawapres dari Partai Demokrat, tetapi terkendala aturan yaitu, yang maju jadi capres atau cawapres itu biasanya harus Ketum. Sehingga ada upaya kudeta, “ tuturnya saat dihubungi dari Bandung, Rabu 3 Februari 2021.

Mungkin juga karena ada agenda politik lainnya yang ingin memecah belah partai demokrat, terutama di bawah kepemimpinan AHY. Semua kemungkinan bisa, yang jelas DPD Partai Demokrat tetap solid mendukung AHY dan akan terus membela AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang dipilih secara demokratis oleh seluruh kader Partai Demokrat.

Mengutuk Keras

Terlepas dari motif dibalik upaya kudeta tersebut kata dia, DPD Partai Demokrat Jawa Barat secara tegas mengutuk keras pihak-pihak yang berupaya mengkudeta Partai Demokrat, dibawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Kami (DPD Partai Demokrat Jabar) menegaskan secara penuh mendukung AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Kami pun mengutuk keras orang-orang yang mencoba mengacak-acak Partai Demokrat. Kami DPD Jabar dan seluruh daerah lainnya secara demokratis memilik AHY sebagai ketua umumnya, jadi tidak ada alasan untuk menggulingkan AHY, kami di Jabar solid mendukung AHY,” kata dia.

Sementara itu, dihubungi terpisah Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Indramayu Sri Budihardjo Hermawan memastikan 27 DPC di Jawa Barat tetap solid dan fatsun terhadap AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, dan dijamin tidak akan terpengaruh oleh isu kudeta dan upaya politik adu domba atau upaya memecah belah Partai Demokrat.

“Kita pastikan 27 DPC Partai Demokrat solid, setia kepada Ketua Umum Partai Demokrat AHY, “ tutur dia.

Saat ditanya upaya kudeta AHY erat kaitannya dengan Pilpres 2024, Sri Budihardjo menampik asumsi tersebut. Ia beranggapan bahwa isu kudeta ini hanya upaya memecah belah tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2024, karena sampai saat ini Partai Demokrat belum memutuskan secara resmi siapa bakal calon presiden atau calon wakil presiden yang bakal maju di Pilpres 2024.

“Walaupun dari berbagai survei AHY unggul dibandingkan kader lain, dan elektabilitasnya bagus diantara pesaing politiknya. Tapi, sekali lagi Partai Demokrat sejauh ini belum memutuskan, tapi kami bangga elektabilitas AHY naik begitu pun dengan elektabilitas partai kami,” kata dia.

Siapapun nanti yang bakal maju menjadi capres dari Partai Demokrat, kader pasti akan mendukungnya, dan kalau pun nanti AHY maju menjadi capres dari Partai Demokrat. DPD Partai Demokrat Jabar dipastikan akan mendukung[]

Leave a Reply