Kronologis Kapal Feri KM Beli Terbalik, Nelayan hingga Warga Sudah Berikan Peringatan

Sumber: tangkapan layar
Youtbe akun DKMTV

jabarnetwork.com, Kapal Feri KM Beli dilaporkan karam di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu 20 Februari 2021 pada pukul 13.20 WIB.

Karamnya Kapal Feri KM Beli dikabarkan saat kapal tersebut akan sandar sekaligus melakukan proses bongkar muat di Dermaga Perigai Piai.

Dikutip jabarnetwork.com dari laporan Kodim 1208, Sambas. Kejadian karamnya Kapal Feri KM Beli terjadi pada pukul 13.20 WIB. Kapal Ferry yang hendak sandar ke dermaga, nampak sudah miring ke sebelah kanan dan air pun sudah mulai masuk ke dalam kapal.

Saat kejadian sudah banyak orang  (di luar kapal) berteriak, miring, miring, karam dan sebagainya.

Penumpang pun mulai banyak mencoba keluar dari kapal Feri KM Beli untuk menyelamatkan diri.

Dikabarkan, karamnya Kapal Feri KM Beli tersebut akibat putusnya tali  kapal ke dermaga. Meskipun sudah diupayakan sandar dengan tali kapal lainnya, tetapi usaha tersebut tidak membantu yang akhirya  kapal pun benar-benar karam.

Sebelum kapal benar-benar karam, ABK dan seluruh penumpang yang berada di kapal bersama warga di luar kapal mencoba menarik kapal dari sisi kiri untuk menahan kapal.

Saat proses tersebut, penumpang berhamburan keluar . Ada yang meloncat ke sungai dan diselamatkan para nelayan, ada juga yang meloncat dari kapal ke dermaga. Tidak sedikit kapal kecil menolong para penumpang yang berhamburan ke luar kapal untuk menyelamatkan diri.

Dalam beberapa menit saat proses upaya penarikan kapal ke sisi kiri, kapal pun akhirnya karam ke sisi kanan. Tidak sedikit penumpang dan ABK yang masih terjebak dalam kapal dan mencoba menyelamatkan diri.

Untuk diketahui manifest penumpang tercatat 72 orang dan 15 orang ABK. Sedangkan jumlah muatan kendaraan terdiri 40 unit sepeda motor, 2 unit mobil, 11 unit truk sedang yang mengangkut pasir dan bebatuan.

Sampai saat ini tidak ada laporan korban meninggal, hanya beberapa penumpang yang mengalami luka ringan dan sudah dievakuasi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Dilaporkan sekitar18 orang terluka ringan dari kejadian karamnya Feri KM Beli[]

Leave a Reply