Kondisi Terkini, Jepang Pasca Diguncang Gempa 7,3 Skala Richter


Sumber: kyodonews.ne

jabarnetwork.com, Gempa dengan kekuatan 7,3 skala richter telah menghantam Jepang Sabtu malam 23.08 (waktu Jepang) atau pukul 21.08 (waktu Indonesia). Pusat gempa berada di pinggir Pantai Fukushima Tohoku Utara Jepang.

Dilaporkan pusat gempa yang terjadi berada di lepas Pantai Fukushima, dekat tempat tiga reaktor nulklir yang mengalami kebocoran setelah gempa dan tsunami yang pernah terjadi hampir 10 tahun lalu.

Berikut kondisi terkini Jepang pasca gempa;

1. 950.000 Rumah Tanpa Listrik

Dikabarkan sekitar 950.000 rumah yang berada di lokasi terdampak gempa mengalami mati listrik, karena beberapa pembangkit listrik tenaga panas mati.

2. 100 Orang Lebih Terluka

Mengutip kyodonews.net, dikabarkan kurang lebih 100 orang terluka baik luka ringan maupun berat. Sampai saat ini belum ada kabar jumlah orang yang meninggal, karena sampai saat ini masih dilakukan pendataan

3. 64 Posko Sudah Didirikan

Pasca gempa, pemerintah setempat langsung membuat sekitar 64 posko evakuasi di Fukushima, dan dikabarkan 200 orang telah dievakuasi.

4. Transportasi Kereta Api Diberhentikan Sementara

Selain itu, layanan kereta api jalur cepat atau sering disebut kereta peluru Shinkansen Tohoku ditiadakan sementara. Terutama untuk jalur Stasiun Nasushiobara  di Tochigi dan Stasiun Morioka, Iwate.

5. Banyak Bangunan Rusak

Akibat gempa dengan kekuatan 7,1 skala richter banyak bangunan perkantoran, gedung-gedung dan rumah warga yang rusak ringan hingga berat. Terutama yang lokasinya dekat dengan titik gempa.

6. Jalan Tol Ditutup untuk Sementara

Tak hanya itu, jalan tol pun ditutup dan hanya dibuka untuk satu jalur, seperti di Jalan Tol Joban Tohoku, dekat dengan pusat gempa.

7. Warg Diminta Mengungsi

Walaupun dikabarkan tidak ada potensi tsunami, tetapi warga diminta untuk mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman. Terutama bagi masyarakat yang tinggal dekat dengan pusat gempa, karena potensi gempa susulan sangat besar[]

Leave a Reply