Komisi III DPRD Jabar Desak Pansus BUMD

Anggota Komisi III DPRD Jabar dari Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia, Husin.

jabarnetwork.com, Komisi III DPRD Jawa Barat mendesak dibentuknya panitia khusus (Pansus) BUMD untuk membahas sekaligus mengevaluasi kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat terutama yang berkinerja buruk.

“Melihat perkembangan kondisi BUMD Jawa Barat saat ini, masih saja kita temukan banyak yang berkinerja kurang sehat. Ada kurang lebih 50% atau sekitar 18 atau 19 BUMD yang berkinerja buruk. Untuk itu, kita mendorong segera dibentuknya Pansus BUMD,” tutur Anggota Komisi III DPRD Jabar dari Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia, Husin, Bandung, Senin 14 Desember 2020.

Selain itu, ia pun merekomendasikan merger atau penggabungan BUMD yang kimerjanya dinilai kurang sehat, bahkan dibubarkan.  Sebab, berdasarkan data yang dimiliki Komisi III DPRD Jawa Barat, 50% BUMD yang ada tidak pernah memberikan deviden kepada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Malah terus membebani APBD Jawa Barat.

“BUMD yang tak pernah memberikan deviden atau kontribusi untuk PAD Jabar baiknya di merger atau dibubarkan saja,” tegas dia.

Rekomendasi lainnya yakni, segera mengembalikan BUMD sesuai AD ART saat awal pembentukan, atau dengan kata lain memerintahkan agar BUMD fokus pada satu bisnis saja, tidak membuat bisnis lain melalui anak perusahaan yang justru berdampak pada kerugian. Kemudian, membubarkan anak perusahaan BUMD dan membentuk BUMD baru sesuai dengan kebutuhan dan target serta bisnis yang jelas.

“Biar BUMD Jabar ini berkinerja bagus tak amburadul, baiknya buat BUMD baru kalau mau ekspansi bisnis lain atau ekspansi ke perusahaan lain. Jadi tidak lagi buat anak perusahaan A, B, C dan seterusnya,” harap dia.

Disamping itu, Husin yang juga menjabat sebagai Sekretaris Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia DPRD Jabar merekomendasikan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan pengawasan terhadap BUMD, terutama BUMD berkinerja buruk. Termasuk juga bisa bersikap tegas apabila ada penyimpangan. Hal ini penting dilakukan agar tercapai BUMD yang juara.

“Terakhir saya mendorong segera evaluasi seluruh BUMD di Jawa Barat terutama yang kinerjanya buruk,” harap dia []

Leave a Reply