Keutamaan dan Manfaat Shalat Tahajud, Mulai dari Ditinggikan Derajatnya sampai Menambah Semangat Hidup

jabarnetwork.com, Setelah shalat fardlu (wajib), ada dua shalat sunnah yang sangat diperhatikan Rasullah SAW sampai beliau tidak pernah meninggalkannya. Meskipun sedang dalam kondisi safar (perjalanan).

Dua shalat tersebut yaitu, shalat dua rakaat sebelum shubuh dan shalat malam atau sering disebut shalat tahajud. Saking istimewanya,  shalat tahajud ini banyak disebutkan dalam Alquran atau pun riwayat hadis, terutamanya soal keutamaan dan manfaat diantaranya;

Keutamaan Shalat Tahajud Disebut di Banyak Surat dalam Alquran dan Hadis

1. Al Muzzamil Ayat 1-4

Salah satunya disebutkan dalam surat Al Muzzamil Ayat 1-4 yaitu “Yaa ayyuhaa almuzzammilu. Qumi allayla illaa qaliilaan. Nishfahu awi unqush minhu qaliilaan. Aw zid ‘alayhi warattili alqur-aana tartiilaan”.

“Hai orang yang berselimut, bangunlah untuk shalat di malam hari, kecuali sedikit daripadanya yaitu, seperdua atau kurangi dari seperdua itu sedikit, atau lebih dari seperdua, dan bacalah Alquran dengan perlahan-lahan.”

2. HR Ahmad Muslim

“Kata Aisyah r.a, “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan qiyamullayl pada awal surat ini.”

3. Al- Isra Ayat 78-79

Dalam surat ini disebutkan shalat tahajud disyariatkan Allah SWT sebagai shalat tambahan setelah shalat wajib 5 waktu. “Aqimi alshshalaata liduluuki alsysyamsi ilaa ghasaqi allayli waqur-aana alfajri inna qur-aana alfajri kaana masyhuudaan. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaan.”

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelinci sampai gelap malam (zhuhur, ashar, magris dan isya), dan dirikanlah pula shalat subuh. Sesungguhya shalat shubuh itu disaksikan (oleh malaikat), dan pada sebahagian malam hari tahajudlah kamu sebagai satu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Disebutkan juga pada Ad-Dzariyat ayat 15-18, As-Sajdah ayat 15-16, Az-Zumar ayat 9, dan beberapa riwayat hadis lainnya.

Manfaat Shalat Tahajud Disebutkan di Banyak Surat dalam Alquran

1. Berpahala Besar

Disebutkan dalam (HR Al-Komsah keculia An-Nasai) “Dari Kharijah bin Hudzaafah ia berkata, Rasullah SAW bersabda “Sesungguhnya Allah SWT membantu kamu dengan shalat yang ia itu lebih baik bagi kamu daripada unta-unta merah. Kami bertanya, Apa itu ya Rasullah. Jawab beliau, yaitu witir antara shalat Isya hingga terbit fajar.”

2. Salah Satu Syarat Masuk Surga dengan Selamat

Dalam HR Riwayat At-Tirmidziy dan Ibnu Majah dikatakan “ Dari Abdullah bin Salam ia berkata, telah bersabda Rasullah SAW. Hai manusia, sebarkan salam, silaturahim, berilah makan (fakir miskin) dan shalatlah di malah hari ketika manusia tidur, niscaya kamu masuk surga dengan selamat.”

3. Menambah Semangat Hidup dan Menyucikan Jiwa

Dalam HR Ahmad, Al Bukhariy, Muslim, Abu Dawud dan Ibnu Majah dikatan “Darai Abi Hurayrah, bahwa Rasullah SAW bersabda, Syetan biasa mengikat tiga ikatan di atas kepala seorang diantaramu apabila ia tidur malam hari, syetan itu memukul tempat setiap ikatan, seraya mengatakan, bagimu malam masih panjang tidurlah. Jika ia bangun, kemudian mengingat Allah SWT, lepaskanlah satu ikatan. Jika ia terus shalat, maka lepaskanlah ikatan ketiga. Keesokan harinya ia menjadi giat,berjiwa bersih. Jika tidak demikian keesokannya harinya ia berjiwa busuk, pemalas.”

Hadis ini menceritaka manfaat shalat tahajud bisa membersihkan jiwa dan menambah semangat hidup, menghapus kesalahan atau dosa, menahan diri dari berbuat dosa, dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT[]

Leave a Reply