Kepala BIN Papua Diberikan Penghargaan, dan Dimakamkan Sebagai Pahlawan


Presiden RI Joko Widodo (tengah) (Foto: instagram @Jokowi)

jabarnetwork.com.com, Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Papua Brigadir Jenderal TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya mendapatkan penghargaan berupa kenaikan pangkat, satu tingkat lebih tinggi dari Presiden RI Joko Widodo.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Presiden Joko Widodo sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian, dedikasinya dan seluruh pengorbanan yang telah dilakukan Brigadir Jenderal TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya.

“Duka cita mendalam dan menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya atas pengabdian, dedikasinya dan pengorbanan yang telah dilakukan,” tutur  Joko Widodo seperti dikutip jbn dari Antara, Jakarta, Senin 26 April 2021.

“Negara akan memberikan penghargaan pangkat satu tingkat lebih tinggi atas dedikasi, pengabdian, pengorbanan Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya,” kata Joko Widodo.

Selain memberikan penghargaan, Presiden Joko Widodo tidak lupa mengucapkan belasungkawa kepada keluarga Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya, dan orang yang ditinggalkan.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan rasa dukacita yang mendalam kepada keluarga dan yang ditinggalkan, “ ucap Joko Widodo.

Wafat Sebagai Pahlawan

Selain diberikan penghargaan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Presiden Joko Widodo. Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya pun rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan TMP, Kalibata, Jakarta.

Proses pemakamam rencananya akan dilakukan besok, Selasa 27 April 2021.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto.

Menurut Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya akan dimakamkan di  Taman Makam Pahlawan TMP, Kalibata, Jakarta besok.

“Jenazah Kepala BIN Papua (Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya) rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, Selasa, 27 April 2021,” kata dia.

Jasad Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya sudah dievakusi dari lokasi, dan di bawa ke Timika yang kemudian akan diterbangkan ke Jakarta, dan akan dimakamkan di TMP.

Untuk diketahui, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya meninggal dalam peristiwa kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KBB) pada Minggu, 25 April 2021.

Saat itu, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya bersama Satuan Tugas BIN dan Satgas TNI/Polri sedang berada di perjalanan menuju Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Pucak, Papua.

Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya diketahui meninggal saat dalam melaksanakan tugas, mengobservasi langsung dalam upaya percepatan pemulihan kemanan di wilayah tersebut[]

Leave a Reply