Kapendam III/Siliwangi, Kolonel Inf FX Sri Wellyanto: Tidak Ada Pasukan Setan


Batalyon Infanteri 315/Garuda atau Yonif 315/Garuda tengah bersiap (Foto: Pendam III/Siliwangi)

jabarnetwork.com, Kapendam III/Siliwangi, Kolonel Inf FX Sri Wellyanto membantah telah menerjunkan pasukan setan ke Papua.

Pasukan yang diterjukan adalah Batalyon Infanteri 315/Garuda yang telah dipersiapkan untuk melaksanakan tugas pengamanan daerah rawan di Papua.

“Berkaitan dengan adanya polemik pasukan setan yang diterjunkan ke Papua. Saya tegaskan tidak ada pasukan setan, “tutur dia dalam siaran pers Pendam III/Siliwangi yang diterima JBN, Bandung, Selasa 11 Mei 2021.

“Yang ada, Batalyon Infanteri 315/Garuda yang dipersiapkan untuk melaksanakan tugas pengamanan daerah rawan di Papua,”  kata dia.

Batalyon Infanteri 315/Garuda atau Yonif 315/Garuda lanjut dia mengatakan, adalah kesatuan batalyon infanteri dibawah Korem 061/Surya Kencana Kodam III/Siliwangi.

Batalyon Infanteri 315/Garuda ini bermarkas di Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat.

“Batalyon Infanteri 315/Garuda ini sekaligus merupakan pasukan pemukul Korem 061/Suryakencana dalam rangka menjaga keutuhan wilayah dari berbagai ancaman yang berkembang di wilayah,” kata dia.

Sejak  27 Maret 2021 hingga saat ini jelas dia, Yonif 315/Garuda telah melaksanakan latihan pratugas.

“Dan siap untuk melaksanakan tugas negara sebagai Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) di Papua,” jelas dia.

Dia menambahkan, tugas Pamrahwan di Papua pada prinsipnya untuk menjaga stabilitas keamanan di daerah Papua.

Termasuk menetralisir berbagai ancaman keamanan dari kelompok separatis bersenjata.

Serta merebut simpati dan hati warga masyarakat dari pengaruh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB).

“Dengan senantiasa membantu kesulitan warga masyarakat setempat,” ujar dia.

Untuk diketahui, sebelumnya ramai pemberitaan bahwa usai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) wilayah Papua, Brigjen I Gusti Putu Danny Karya Nugraha tewas karena ditembak KKB.

TNI bersama Polri langsung menurunkan pasukan setan 400 pesonel.

Pasukan setan yang dimaksud yakni personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) dari Batalyon Infanteri 315/Garuda atau Yonif 315/Garuda[]

Leave a Reply