Kapal Feri KM Beli Terbalik, Alhamdulilah Tidak Ada Korban Jiwa

jabarnetwork.com, Bupati Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat Atbah Romin Suhaili menuturkan, belum ada laporan korban jiwa (meninggal) atas peristiwa karamnya Kapal Feri KM Beli di di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu 20 Februari 2021 pada pukul 13.20 WIB.

Sejauh ini, berdasarkan manifest penumpang tercatat 72 orang dan 15 orang ABK . Dilaporkan korban  luksa ringan sekitar 18 orang (penumpang dan ABK), 18 orang tersebut sudah mendapatkan perawatan di puskesmas terdekat.

Dalam kapal tersebut selain manifest penumpang, terdapat 40 unit sepeda motor, 2 unit mobil, serta 11 unit truk ukuran sedang yang mengangkut pasir dan bebatuan.

Dari laporan yang masuk, karamnya Kapal Feri KM Beli diduga kuat karena putusnya tali sandar kapal ke dermaga, muatan berlebihan dan bisa saja faktor angin kencang turut berpengaruh.

“Tentu kejadian ini faktor angin yang kencang di daerah tersebut (turut menjadi salah satu faktor),” tuturnya, Bandung, Minggu 21 Februari 2021.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Pontianak, Kalimantan Barat Yopi Haryadi menambahkan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab karamnya Kapal Feri KM Beli tersebut. Sejauh ini, SAR hanya fokus pada pencarian korban yang terjebak di kapal.

“Kejadian terbalik kapal tersebut cukup cepat, dan Tim SAR gabungan sudah melakukan penyelamatan,” ucapnya[]

Leave a Reply