Kab Indramayu, Kab Bogor Timur Jadi CDPOB, Abdy Yuhana Berharap Disetujui Pusat


Anggota Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat Abdy Yuhana (Foto: jbrn

jabarnetwork.com, Anggota Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat Abdy Yuhana berharap usulan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) yakni, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Bogor Timur segera disetujui pemerintah pusat.

Alasannya, demi keadilan terkait anggaran transfer dana pemerintah pusat ke daerah dalam bentuk Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang berdampak pada pemerataan pembangunan di Jawa Barat.

“Sangat beralasan jika melihat kondisi demografis, geografis dan keadilan terkait anggaran yang berimplikasi dengan pemerataan pembangunan di Jawa Barat. Sehingga diperlukan adanya kebijakan khusus terkait hal tersebut (CDPOB),” tutur dia dalam keterangan tertulisnya yang diterima jrbn di Bandung, Sabtu 1 Mei 2021.

Menurut Abdy, jika dibandingkan dengan provinsi besar lainnya seperti Jawa Timur yang saat ini sudah memiliki 38 kabupaten dan kota, padahal jumlah penduduknya hanya 40 juta jiwa.

Jawa Tengah yang saat ini sudah memiliki 35 kabupaten dan kota, tetapi jumlah penduduknya baru sekitar 38 juta jiwa.

Lalu, Jawa Barat yang jumlah penduduknya mencapai 50 juta jiwa tetapi kabupaten dan kotanya baru 27.

“Melihat fakta demikian, pembentukan CDPOB di Jawa Barat menjadi satu kebutuhan. Apalagi kemudian melihat banyaknya jumlah desa di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah lebih banyak jika di bandingkan dengan Jawa Barat yang hanya 5.312 Desa,” kata dia.

Mengingat saat ini pemerintah pusat tengah melakukan moratorium pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB). Abdy pun berharap pemerintah pusat melihat realitas di Jawa Barat, yang dinilai mendesak adanya pemekaran daerah baru atau CDPOB.

“Pemerintah pusat perlu melihat realitas di Jawa Barat ini dengan pendekatan keadilan, dan efektifitas dalam pengelolaan pemerintahan daerah khususnya di Jawa Barat, “ ujar dia[]

Leave a Reply