IPB Jadi Universitas Terbaik Peringkat 62 Dunia Versi Quacquarelli Symonds

Sumber:Instagram @ipbofficial

jabarnetworkc.om, Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menjadi universitas terbaik di kawasan Asia Tenggara di bidang pertanian dan kehutanan, menempati peringkat ke 62 versi lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) dalam World University Ranking untuk tahun 2021.

IPB berhasil menyalip Kasetsart University yang hanya di posisi 63, Nanyang Technological Singapore di posisi 71, dan University Putra Malaysia di posisi 80.

Penilaian yang dilakukan QS pada tahun ini, sebanyak 51 bidang keilmuan (subject) yang dievaluasi dengan 4 indikator yakni, academic reputation, employer reputation, citation, dan h-index.

Menanggapi keberhasilan IPB yang masuk peringkat 62 universitas terbaik versi Quacquarelli Symonds (QS) dalam World University Ranking untuk tahun 2021. Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada seluruh warga institusinya atas capaian prestasi tersebut.

“Selamat, prestasi ini sungguh luar biasa. Terima kasih atas kerja keras seluruh warga IPB sehingga kita bisa ada di posisi ini pada tahun ini. Saya berharap kita semua terus bersemangat meningkatkan prestasi dan reputasi. Sehingga peringkat IPB semakin meningkat. Kita perkuat agar terus optimis untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” tutur dia dalam siaran pers-nya, Jakarta, Kamis 4 Maret 2021.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB, Prof Dodik R Nurrochmat mengatakan, QS World University Ranking merupakan salah satu sistem pemeringkatan universitas dunia yang menjadi rujukan utama berbagai perguruan tinggi di dunia, termasuk Indonesia.

“Pada tahun ini dari sekitar 5.500 perguruan tinggi, ada 1.000 perguruan tinggi yang masuk dalam daftar pemeringkatan diantaranya ada 8 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari Indonesia, “ katanya.

Tahun ini, IPB juga mencatatkan lagi satu bidang keilmuan yang masuk dalam pemeringkatan yakni, Ekonomi dan Ekonometrika. Sehingga menjadi empat bidang keilmuan yang masuk pemeringkatan yaitu Pertanian dan Kehutanan, Biologi, Ilmu Lingkungan, serta Ekonomi dan Ekonometrika.

Untuk diketahui IPB mendapatkan peringkat ke 601-620 dalam bidang Ilmu Biologi (Biological Science), peringkat 351-400 dalam bidang Ilmu Lingkungan (Environmental Science), dan menjadi yang terbaik di Indonesia masuk peringkat 401-450 dalam bidang Economics and Econometrics yang merupakan terbaik ketiga di Indonesia.

Secara keseluruhan nilai (total score) IPB University di bidang Pertanian dan Kehutanan tahun ini 71.3 lebih tinggi dibandingkan tahun lalu (70.8). Kenaikan ini terutama karena adanya peningkatan signifikan pada score employer reputation dari 81.3 menjadi 86.1 dan juga score citation dari 62.5 menjadi 72.0.

Hasil penilaian ini memperlihatkan kinerja akademik dan lulusan IPB University dinilai sangat baik[]

Leave a Reply