Ini Sebabnya Bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021 Dipangkas

Sumber: https://lldikti13.kemdikbud.go.id

jabarnetwork.com, Bantuan kuota internet gratis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI akan segera disalurkan mulai 11 sampai 15 Maret 2021.

Bantuan kuota internet gratis Kemendikbud tersebut akan diberikan selama 3 bulan setiap tanggal 11 sampai 15, terhitung mulai Maret 2021.

“Bantuan akan disalurkan pada tanggal 11-15 setiap bulan, dan berlaku selama 30 hari sejak diterima,” tutur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbu) RI Nadiem Anwar Makarim dalam pengumuman virtualnya di YouTube Kemendikbud RI, Jakarta, Senin 1 Maret 2021.

Namun demikian, besaran kuota yang disalurkan kali ini berbeda dibandingkan sebelumnya. Bantuan internet gratis kali ini diperoleh lebih sedikit.

Menurut Nadiem, bantuan kuota internet gratis Kemendikbud 2021 ini memang lebih kecil dibandingkan sebelumnya, karena kuota tidak dibagi dua lagi menjadi kuota umum dan belajar. Tetapi, kali ini hanya kuota umum untuk semua.

“Meski kita mengurangi jumlah kuotanya, tapi kuota umum yang diberikan bisa lebih banyak digunakan, dan kuota umum bisa lebih fleksibel dalam penggunaannya,” kata dia.

Jumlah Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

  1. Siswa Tingkat Paud

Untuk siswa jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan mendapatkan kuota 7 gigabyte (GB) per bulan. Jumlahnya lebih sedikit dibandingkna tahun lalu yakni, 20 GB perbulan.

  1. Siswa Sekolah Dasar dan Menengah

Sedangkan untuk siswa sekolah dasar dan menengah akan memperoleh 10GB per bulan. Di tahun sebelumnya, siswa sekolah dasar dan menengah mendapatkan 35GB perbulan.

  1. Pendidik (Guru) PAUD, SD dan Menengah

Sedangkan untuk guru tingkat PAUD, SD dan menengah akan mendapatkan 12 GB perbulan. Jumlahnya lebih kecil dibandingkan tahun lalu yakni, 42GB perbulan.

  1. Mahasiswa dan Dosen

Sementara itu untuk mahasiswa dan dosen mendapatkan 15GB perbulan. Jumlah tersebut lebih kecil dibandingkan bantuan kuota internet gratis sebelumnya sebesar 50GB perbulan.

Meskipun jumlah kuota yang diberikan dikurangi, tetapi kuota jumlah yang diperoleh bisa digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi (lebih fleksibel), karena kuota yang berikan adalah kuota umum.

Namun demikian, kuota internet tersebut tidak bisa digunakan untuk mengakses laman atau aplikasi yang diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)[]

Sumber: https://www.kemdikbud.go.id/, youtube KEMENDIKBUD RI

Leave a Reply