Gerai Giant Resmi Ditutup Per Akhir Juli 2021

jabarnetwork.com, Perusahaan ritel multiformat PT Hero Supermarket Tbk (Hero Group) mengumumkan akan menutup gerai Giant pada akhir Juli 2021.

Penutupan dilakukan lantaran penjualan di gerai Giant semakin menurun karena beberapa faktor.

“Dengan berat hati gerai Giant lainnya akan ditutup pada akhir Juli 2021. Kami sangat berterima kasih kepada karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis kami yang telah mendukung bisnis Giant selama ini,” tutur Presiden Direktur Hero Supermarket Patrik Lindvall, Bandung, Rabu 26 Mei 2021.

Menurut Patrik, penutupan gerai Giant ini sebagai salah satu strategi perusahaannya dalam menjawab dinamika pasar dan trend pelanggan yang terus berubah.

Termasuk menurunnya popularitas format hypermarket dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia juga trend di pasar global.

“Kami terus beradaptasi terhadap dinamika pasar dan trend pelanggan yang terus berubah. Seperti bisnis mumpuni lainnya,” kata dia.

Selain itu, penutupan Giant dilakukan agar perusahaan lebih fokus pada merek dagang IKEA, Guardian dan Hero Supermarket yang sudah jelas potensi pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan Giant.

“Perusahaan meyakini  potensi pertumbuhan di sektor peralatan rumah tangga, kesehatan, dan kecantikan, keperluan sehari-sehari untuk kelas atas masih tinggi,” ucap dia.

Oleh sebab itu, sebagai gantinya, PT Hero Supermarket Tbk (Hero Group) akan mengubah 5 gerai Giant menjadi toko IKEA.

Hero Group pun berencana akan mengubah sejumlah gerai Giant yang ada di seluruh Indonesia menjadi gerai Hero Supermarket.

“Dengan harapan dapat menambah aksesibilitas bagi pelanggan,” ujar dia.

Namun, hal tersebut masih akan dipertimbangkan perusahaan. Sehingga, posisinya masih wacana.

“Negosiasi terkait potensi pengalihan kepemilikan sejumlah gerai Giant kepada pihak ketiga masih berlangsung,” tegas dia.

Meski akan ditutup per akhir Juli 2021 tambah Patrik,  perusahaan memastikan proses komunikasi dengan seluruh karyawan yang terdampak akibat dari kebijakan ini akan dilakukan penuh empati dan rasa hormat kepada karyawan perusahaan.

“Perusahaan juga akan memastikan proses yang adil bagi seluruh mitra bisnis,” janji dia.

Ia mengakui, keputusan penutupan gerai Giant ini tidak mudah bagi perusahaan apalagi karyawan.

“Tetapi kami percaya keputusan ini mesti diambil untuk kepentingan jangka panjang perusahaan, PT Hero Supermarket Tbk, “ ujar dia.

“Dan para karyawan kami yang berada di bawah naungan perusahaan, PT Hero Supermarket,” ucap dia[]

Leave a Reply