GAMKI, Organisasi yang Digunakan Jhon Allen Marbun Cs Tutupi Rencana Kudeta Demokrat

Sumber: wikipedia.org

jabarnetwork.com,  Viral bukti pertemuan Moeldoko dengan Jhon Allen Marbun, Nazarudin, Ahmad Yahya, Max Sopochua, Marzuki Alie dan gerombolan  nama-nama yang santer kuat menyuarakan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat.

Dikabarkan Moeldoko dan Jhon Allen Marbun Cs tersebut bertemu dalam rangka acara pertemuan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Hotel The Hill Sibolangit, Sumatera Utara .

Namun, banyak pihak yang meragukan hal tersebut, terutama dari Partai Demokrat Kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atau kubu yang menolak KLB ilegal. Salah satunya dari Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat, Andi Arief.

Menurut Andi Arief, Moeldoko bersama Jhon Allen Marbun Cs telah memanipulasi nama GAMKI dalam melakukan upaya kudeta Partai Demokrat. Hal ini terbukti dengan deretan nama yang hadir dalam acara tersebut adalah kelompok penggagas KLB Partai Demokrat.

“Bayangkan untuk mengkudeta Partai Demokrat menggunakan dan memanipulasi nama GAMKI pun dilakukan. Seperti diketahui DPD dan DPC Partai Demokrat resmi semua solid tidak mengikuti KLB nekad ini,” tutur dia dalam cuitan di akun twitternya, Jakarta, Kamis 4 Maret 2021.

Lantas apa kaitan GAMKI dengan kudeta Partai Demokrat?

Untuk diketahui Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) merupakan organisasi pengkaderan dalam berbagai bidang pelayanan pendidikan, sosial, politik, kemasyarakat di Indonesia.

Disebutkan juga, GAMKI merupakan organisasi independen yang berakar di dalam gereja, masyarakat, bangsa dan negara, dan tidak berafiliasi pada salah satu kekuatan sosial politik manapun.

GAMKI lahir dari Persatuan Pemuda Kristen Indonesia (PPKI) yang berfusi dengan Majelis Pemuda Kristen Oikoumene (MPKO) yang melibatkan diri ke dalam revolusi kemerdekaan Indonesia yang menanamkan nilai-nilai ekumenisme dan nasionalisme bersama perjuangan pemuda kristen di Indonesia.

Dari catatan Wikipedia disebutkan, bahwa munculnya GAMKI erat kaitannya dengan kongres pemuda. Menurut seorang pendeta Gereja Kristen Jawa yakni, Pdt S. Brotosuwignyo, menjelang diadakanya Kongres Pemuda pada 9-11 November 1945 di Yogyakarta, sekelompok pemuda kristen membentuk organisasi pemuda kristen untuk mengambil bagian dalam kongres tersebut.

Dari penjelasakan tujuan dibentuknya GAMKI, tak ada satu diksi pun yang menyatakan keterlibatan dalam gerakan politik mana pun.

GAMKI disebutkan sebagai gerakan yang bertujuan untuk berbakti kepada Tuhan dan memenuhi penggilan-Nya melalui tugas persekutuan, kesaksian, dan pelayanan, serta meningkatkan kesadaran pemuda Kristen selaku warga gereja[]

Leave a Reply