FAGI Jabar Desak Vaksinasi Covid-19 untuk Guru dan Tenaga Kependidikan


Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat Iwan Hermawan. Sumber: dokumentasi pribadi Ketua FAGI Jawa Barat Iwan Hermawan.

jabarnetwork.com, Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat mendesak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Dinas Pendidikan Jabar segela melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi pendidik dan tenaga kependidikan.

Alasannya, karena sudah banyak kepala sekolah dan guru yang terpapar Covid-19. Bahkan di Kota Bandung sudah ada 3 kepala sekolah yang meninggal akibat terpapar Covid-19.

“Saat ini FAGI Jawa Barat banyak menerima laporan, banyak kepala kekolah dan Guru yang terpapar covid-19, di Kota Bandung sendiri sudah ada tiga kepala sekolah yang meninggal dunia karena covid-19,  “ tutur Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat Iwan Hermawan  dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Kamis 25 Februari 2021.

Selain itu lanjut Iwan mengatakan, dikabarkan pemerintah berencana bakal kembali membuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Juli 2021. Oleh sebab itu, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pendidik dan tenaga kependidikan mutlak segera dilakukan demi keselamatan.

“FAGI menilai langkah DKI Jakarta dapat diadopsi yaitu dengan memulai vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan per 24 Februari 2021,” kata dia.

Disamping alasan tersebut, ia pun menilai proses vaksinasi Covid-19 penting dan segera dilakukan karena banyak  kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan tenaga kependidikan tidak melaksanakan work from home (WFH), karena yang WFH diprioritaskan bagi guru yang usianya di atas 50 tahun.

“Masa pandemi Covid-19 sampai saat ini masih dirasakan, dan berdampak pada seluruh aspek kehidupan terutama aspek ekonomi serta pendidikan. Data terakhir penyebaran Covid-19 dalam seminggu terakhir menempatkan Jawa Barat di angka 45% penyumbang penyebaran covid-19. Hal ini tentunya sebagai hal serius yang harus cepat ditangani agar penyebarannya bisa berkurang atau mungkin hilang sama sekali,” ucap dia[]

Leave a Reply