Eskalasi Konflik di Papua karena KBB, Yonif 315 Garuda Dikirim ke Papua

personel Satuan Tugas atau Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Yonif 315 Garuda

jabarnetwork.com, Panglima Kodam (Pangdam) III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melakukan pelepasan personel Satuan Tugas atau Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Yonif 315 Garuda ke Papua.

Pasukan dikirim ke Papua dalam rangka tugas operasi pengamanan daerah rawan atau Pamrahwan di wilayah Papua.

Menurut Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, pengiriman Satgas Yonif 315 Garuda ke Papua untuk Satgas Yonif 756/Wms Korem 172/Pwy Kodam XVII/Cenderawasih yang akan purna tugas.

Selain itu, pengiriman pasukan Yonif 315 Garuda ke Papua ini pun dilatarbelakangi oleh eskalasi gangguan keamanan di Papua.

Akibat meningkatnya gangguan keamanan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang telah menimbulkan korban jiwa, baik masyarakat sipil maupun TNI ataupun Polri.

Ingatkan Jangan Sampai Menyalahi Prosedural

Dalam acara pelepasan prajurit tersebut,  Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto pun mengingatkan Yonif 315 Garuda untuk menghindari hal-hal yang dapat mengarah kepada kesalahan prosedural.

“Pelanggaran hukum dan etika keprajuritan yang dapat menurunkan citra TNI di mata nasional dan internasional,” tutur dia dikutip JBN dari siaran pers Penerangan Kodam III Siliwangi, Bandung, Senin, 24 Mei 2021.

Pangdam pun mengingatkan saat di lapangan untuk tetap menjaga kehormatan diri, satuan dan nama Kodam III Siliwangi dan TNI AD pada umumnya.

‘Bagi prajurit yang sudah berkeluarga, agar jangan ragu,” pinta dia.

Jangan ragu untuk sementara waktu meninggalkan keluarga tercinta, karena tanggungjawab pembinaan keluarga selama melaksanakan tugas operasi sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kesatuan.

“Laksanakan tugas dengan baik, selalu berdoa kepada Tuhan agar diberikan keselamatan dan kesehatan,” imbau dia.

Jangan lupa imbau dia, hingga saat ini masih dalam pandemi Covid-19, jaga kondisi kesehatan dan patuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Untuk diketahui pelepasan pemberangkatan (Pamrahwan) Yonif 315 Garuda ke Papua dilaksanakan di Lapangan Upacara Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara, Senin, 24 Mei 2021.

Dalam pelepasan tersebut, hadir Irdam III Siliwangi  Irpangkolinlamil, Danrem 061/SK, Asmin Gartap I/Jakarta, Danrindam III Siliwangi. 

Para Asisten Kasdam III Siliwangi  para Asisten Kolinlamil serta Pa Liaison TNI AL, Kabalakdam III Siliwangi, Dandim 0502/ Jakut dan Kapolres Tanjung Priok serta para Danyon jajaran Kodam III Siliwangi[]

Leave a Reply