Eryani Sulam Kritisi Syarat Harus Punya Dana Talangan Bagi Pemohon Program Rutilahu

Eryani Sulam, anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia

Jabarnetwork.com, Eryani Sulam, anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia mengkritisi syarat harus punya dana  talangan untuk warga yang mengajukan permohonan bantuan program Rumah Tidak Layak Huni atau Rutilahu.

Alasannya, karena Eryani Sulam menilai syarat punya dana talangan bagi pemohon program Rutilahu tersebut sangat memberatkan warga.

Terlebih kata Eryani Sulam, rerata warga yang mengajukan permohanan program Rutilahu adalah masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi.

“Saya banyak menerima keluhan dari warga Indramayu dan Kota serta Kabupaten Cirebon soal syarat dana talangan bagi pemohon bantuan Rutilahu,” tutur Eryani Sulam saat dihubungi dari Jakarta, Senin, 13 Desember 2021.

“Masyarakat mengeluhkan syarat tersebut sangat memberatkan. Mereka harus memiliki uang terlebih dahulu demi dapat bantuan Rutilahu, padahal mereka susah dan tinggal di rumah tidak layak,” sambung dia.

Bayangkan saja tambah Eryani Sulam, warga pemohon bantuan program Rutilahu yang kebanyakan dari kelompok miskin disyaratkan punya uang puluhan juta. Anggaran Rutilahu perorangnya pun hanya mendapatkan kurang lebih Rp17,5 juta.

“Darimana mereka mendapatkan uang puluhan juta sebagai dana talangan. Enggak begitu juga polanya, “ keluhnya.

Rutilahu sepatutnya untuk masyarakat miskin dan mereka seharusnya tidak diberatkan oleh syarat dana talangan.

Oleh sebab itu, pihaknya melalui Komisi IV DPRD Jawa Barat dan Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia akan membahas soal syarat dana talangan dalam Rutilahu tersebut.

“Termasuk kriteria penerima bantuan program Rutilahu harus benar-benar dari masyarakat miskin, dan syarat pun jangan sampai memberatkan,” tegas Eryani Sulam. ***

Leave a Reply