Ditengah Bansos Rakyat Miskin Dicoret, Gaji TAP Bentukan Ridwan Kamil Capai Rp2,3 Miliar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) saat operasi pasar, Bandung, belum lama ini (Foto: Humas Pemda Provinsi Jabar)

jabarnetwork.com, Anggaran gaji dan operasional Tim Akselerasi Pembangunan (TAP) bentukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencapai Rp2,3 miliar di 2021. Anggaran gaji dan operasional termasuk fasilitas TAP diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat.

Besaran gaji dan operasional Tim Akselerasi Pembangunan atau TAP tersebut diklaim sesuai dengan Kepgub No.910/KEP.309-ORG/2020 Tentang Standar Biaya Umum Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021.

Dari data yang diperoleh poskita.id, diketahui 5 anggota TAP yang bekerja penuh dibayar Rp23,8 juta per orang setiap bulannya. Setelah dipotong pajak dan iuran BPJS,  gaji bersih yang diterima 5 anggota TAP tersebut mencapai Rp19,5juta per orang per bulannya selama 1 tahun penuh (2021).

Sedangkan untuk anggota TAP yang menjabat sebagai dewan pakar yang berjumlah 15 orang dibayar perkegiatan, gaji yang diperoleh antara Rp3 juta sampai Rp5 juta per orang. Selain gaji Rp2,3 miliar, anggota TAP pun mendapatkan fasilitas rumah negara di Jl. Dago 148. Fasilitas ini diberikan Sekretariat Daerah kepada TAP bentukan Ridwan Kamil yang diklaim sebagai pusat kegiatan kerja pelaksanaan tugas dan fungsinya untuk membantu gubernur.

Kepala Biro Umum Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Sumasna, membenarkan ihwal besaran anggaran gaji anggota TAP bentukan Ridwan Kamil yang mencapai Rp2,3miliar yang diambil dari APBD Provinsi Jawa Barat.

 “Iya (benar) gaji TAP Rp2,3 miliar itu untuk 20 orang. Anggaran gaji TAP sudah sesuai Kepgub (Kepgub No.910/KEP.309-ORG/2020 Tentang Standar Biaya Umum Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021),” tutur dia seperti yang dikutip jrbn dari poskita.id, Jumat 9 April 2021.

Menurut Sumasna, besarnya anggaran gaji anggota TAP tersebut diklaim wajar atau termasuk angka yang normal disesuaikan dengan keahlian dan kinerja dari TAP bentukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Anggaran Rp2,3 miliar, kalau melihat keahlian itu angka normal,  karena diatas UMR. Kalau di break down, gaji yang diterima itu diatas Rp15 jutaan. Kalau menurut saya sih tidak besar kalau melihat kapasitas dan kapabilitas TAP,” kata dia.

Sumasna pun mengklaim bahwa gaji TAP tersebut termasuk standar untuk sebuah keahlian dan kinerja anggota TAP bentukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil[]

Leave a Reply