Cara Mendidik Anak dengan ADD Biar Tak Kesulitan Belajar


 (Sumber:pixcabay)

jabarnetwork.com, Setiap anak tentu memiliki karakteristik yang berbeda dan unik antara anak yang satu dengan anak lainnya. Sehingga berbeda pula cara mendidik hingga mengajarkan segala sesuatunya.

Terutama dengan anak yang memiliki Attention Deficit Disorder (ADD), atau anak yang memiliki kesulitan memusatkan perhatian atau konsentrasi yang tidak sesuai dengan usia anak tetapi tanpa perilaku hiperaktif.

 Mendidik anak dengan ADD perlu cara yang berbeda dan khusus. Berikut cara mendidik anak dengan ADD;

1. Berikan Kondisi Tenang dalam Belajar

Menurut Agus Sofyandi Psikolog dari Universitas Islam Bandung, cara mendidik anak dengan ADD adalah harus dengan kondisi tenang saat menerima pelajaran atau dengan kondisi tanpa gangguan.

“Diusahakan berilah anak dengan ADD ini lingkungan belajar mengajar yang minim akan gangguan. Seperti dijauhkan dari gangguan televisi dan lainnya, agar anak bisa berkonsentrasi.” tuturnya saat dihubungi dari Bandung, belum lama ini.  

2. Jangan Memaksakan Anak Duduk Diam

Selain itu, cara mendidik anak dengan ADD adalah jangan memaksakan anak untuk duduk diam saat menerima mata pelajaran, karena biasanya anak dengan ADD sedikit aktif tetapi tidak hiperaktif sebagaimana dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

“Sebaiknya mengajak anak dengan halus tanpa memaksakan, dan ajaklah anak untuk berperan aktif dalam mata pelajara tersebut. Sehingga, anak akan fokus pada pelajaran yang disampaikan.” katanya.

3. Jangan Paksakan Harus Menurut

Lalu, cara lainnya yaitu, orang tua dalam mendidik anak dengan ADD jangan dengan cara memaksakan harus menurut apa yang menjadi kehendak orang tua.

Namun, sebaiknya mengajak anak dengan cara melalui komunikasi yang baik dan tentunya penjelasan apa yang menjadi kehendak orang tua.

 4. Beri Sedikit Tantangan

Kemudian, sekali waktu berilah anak dengan ADD ini tantangan untuk menyelesaikan tugas dengan baik, dan saat anak mampu menyelesaikan tugas dengan baik. Maka, berilah dia pujian dan hadiah yang dapat menyenangkan anak tersebut.

5. Lebih Baik Puji Dibandingkan Dikritik

Sebaiknya yang orang tua lakukan adalah memberi banyak pujian saat anak dengan ADD mampu menyelesaikan tugas atau mampu mengerjakan sesuatu dengan fokus dibandingkan mengkritiknya saat anak tersebut tidak mampu mengerjakan sesuatu atau tugasnya.

6. Jangan Gunakan Kekerasan Agar Menurut

Selanjutnya, dalam mendidik anak dengan ADD atau anak yang bukan ADD sebaiknya jangan menggunakan kekerasan seperti memukul atau mencubit hingga menjewer dan tindakan kekerasan lainnya dalam membuat anak patuh atau menurut.

“Karena justru cara dengan kekerasan tidak akan membuat anak patuh atau menurut tetapi akan menjadi anak yang membangkang.” ucap dia[]

Leave a Reply