BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang Terjadi di Tasikmalaya

Sumber: BMKG

jabarnetwork.com, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang bakal terjadi di Kabupaten dan Kota Tasikmalaya pada siang, sore hingga malam hari nanti (Rabu 14 April 2021).

Selain itu, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pun berpotensi meluas sampai ke wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kota dan Kabupaten Bandung, Kota dan Kabupaten Cirebon, Majalengka, Kuningan, Kota Banjar, Pangandaran dan Ciamis.

 Cerah Berawan hanya di 4 Wilayah di Jabar

Untuk cuaca pagi hari, BMKG memprediksi cerah berawan hanya berpotensi terjadi di Bogor, Indramayu, Pangandaran dan Cirebon. Masuk siang barulah 4 wilayah tersebut berpotensi hujan ringan.

Sedangkan untuk siang dan sore hari. Secara umum cerah berawan dan hanya berawan. Potensi hujan ringan dan sedang diprediksi terhadi hanya di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Bandung, dan Kota Bandung. Kota Cimahi, Karawang, Subang, Indramayu, Sumedang, Garut, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Kota dan Kabupaten Cirebon, Majalengka, Kuningan, Kota Banjar, Pangandaran dan Ciamis.

Sementara cuaca untuk malam harinya, secara umum berawan. Potensi hujan ringan berpotensi hanya terjadi di Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon, Majalengka, Purwarkarta, Sukabumi Selatan dan Cianjur Selatan.

Dini hari, secara umum cerah berawan. Potensi hujan ringan sampai sedang berpotensi terjadi hanya di Kabupaten dan Kota Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Indramayu, Kota dan Kabupaten Cirebon serta Sukabumi Selatan.

Suhu udara wilayah Jawa Barat bagian utara 22-33 derajat celcius, Jawa Barat bagian Selatan 19-32 derajat celcius. Sedangkan kelembapa udaranya, Jawa Barat bagian Utara 50-98%, Jawa Barat bagian Selatan 55-98%. Angin secara umum bertiup dari arah Timur laut hingg Selatan dengan kecepatan 05-30Km perjam.

 Hati-Hati Potensi Banjir Bandang

Disamping itu, BMKG pun memperingatkan terhadap potensi banjir bandang dampak dari hujan lebat yang mengguyur beberapa wilayah di Indonesia, diantaranya;

1. Jawa Barat level waspada

2. Aceh level waspada

3. Bengkelu level waspada

4. Sumatera Selatan level waspada

5. Lampung level waspada

6.Jawa Tengah level waspada

7. Jawa Timur level waspada

8. Kalimantan Utara level waspada

9. Kalimantan Timur level waspada

10. Sulawesi Utara  level waspada

11. Sulawesi Tengah level waspada

12. Gorontalo level waspada

13, Maluku Utara  level waspada []

Leave a Reply