Biar Kuota Internet Gratis Kemendikbud Tak Cepat Habis, Begini Caranya

(Sumber: pixabay)

jabarnetwork.com, Pada Maret 2021, program bantuan kuota internet gratis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI direncanakan akan segera dilaksanakan.

Rencananya, program bantuan kuota internet gratis Kemendikbud 2021 ini akan diberikan selama 4 bulan hanya untuk untuk siswa jenjang PAUD, pendidikan (sekolah) dasar sampai menengah. Termasuk para pendidik (guru) di tingkat PAUD, pendidikan dasar sampai menengah, dan dosen serta mahasiswa dari PTN dan PTS dibawah Kemendikbud RI.

Untuk besaran kuota yang akan diterima pun berbeda untuk setiap kelompoknya yakni;

20 GB Perbulan untuk Siswa Tingkat PAUD

Jumlah kuota bagi siswa tingkat PAUD 20 GB perbulan. Terdiri dari 5 GB kuota umum atau kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Lima belas (15) GB kuota belajar atau kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

30 GB Perbulan untuk Siswa Sekolah Dasar dan Menengah

Sedangkan jumlah kuota internet gratis untuk tingkat dasar dan menengah 35 GB perbulan. Terdiri dari 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar.

42 GB Perbulan untuk Guru PAUD, Sekolah Dasar dan Menengah

Berbeda dengan peserta didik, guru atau pendidik akan diberikan kuota internet lebih besar yakni, 42 GB perbulan. Terdiri dari, 5 GB untuk kuota umum dan 37 GB untuk kuota belajar.

50 GB Perbulan untuk Dosen dan Mahasiswa

Sementara itu, kuota internet gratis untuk dosen dan mahasiswa 50 GB perbulan. Terdiri dari 5 GB untuk kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Meskipun jumlah kuota cukup besar bagi setiap kelompok penerima bantuan bantuan internet Kemendikbud 2021. Namun jumlah tersebut dibagi dua yakni kuota umum dan kuota belajar.

Jumlah kuota lebih besar khusus untuk belajar (kuota belajar) yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran. Sisanya, kkuota kecil untuk kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi.

Agar seluruh kuota umum tidak cepat habis. Ada baiknya kuota belajar dimanfaatkan maksimal untuk laman dan aplikasi yang dapat diakses menggunakan kuota belajar.

Berikut daftar laman yang bisa digunakan untuk belahar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan :

Website Untuk Belajar

  1. https://www.zenius.net/
  2. https://www.wekiddo.com/
  3. http://www.schoology.com/
  4. http://www.quipper.com/id/
  5. https://www.indonesiax.co.id/
  6. http://wwt.belajar.kemdikbud.go.id/
  7. https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id/
  8. http://video.kemdikbud.go.id/
  9. http://unison.id/
  10. http://ujian.siswa.edulogy.id/
  11. http://udemy.com/
  12. http://tve.kemdikbud.go.id/
  13. http://tryout.pahamify.com/
  14. http://teacher.gredu.co/
  15. http://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/

dan masih banyak lagi referensi website belajar yang bisa dilihat di laman https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/ termasuk dengan video conference dan website kampus[]

Leave a Reply