Benarkah Vasektomi Bikin Libido Pria Tinggi?

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat Uung Kusmana (kiri) bersama Koordinator Bidang Advin BKKBN Jabar Herman Melani (kanan) saat acara Media Gathering di Kantor BKKBN Jabar, Bandung, Kamis 31 Desember 2020.

jabarnetwork.com, Selain paling efektif mencegah kehamilan sampai 99%. Metode Operasi Pria (MOP) atau yang lebih populer disebut vasektomi ternyata mampu meningkatkan libido pria.

Menurut Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat Uung Kusmana, dari berbagai pengalaman peserta atau pengguna KB vasektomi membenarkan penggunaan metode KB dengan vasektomi justru lebih meningkatkan libido pria bukan melemahkan (disfungsi ereksi) sebagaimana yang banyak dikhawatirkan oleh para pria.

“Vasektomi itu hanya memotong saluran yang berfungsi mengeluarkan sperma (vas deferens). Jadi semennya (air maninya) masih tetap keluar dan masih tetap ereksi seperti biasa. Hanya spermanya saja yang tidak keluar karena sudah dipotong (vasektomi). Ingat ya, vasektomi dengan kebiri itu berbeda, vasektomi masih bisa ereksi sedangkan kebiri tidak bisa ereksi,” tuturnya Bandung, Kamis 31 Desember 2020.

Syarat Lakukan Vasektomi

Jadi lanjut Uung mengatakan, tidak ada alasan lagi bagi laki-laki untuk ikut aktif menjadi peserta KB, salah satunya vasektomi. Namun demikian, mengingat vasektomi dan metode sterilisasi lainnya seperti tubektomi (untuk perempuan) termasuk metode KB permanen. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi calon peserta aktif KB vasektomi maupun tubektomi. Persyaratan tersebut diantaranya; jumlah yang dimiliki tidak boleh kurang dari 3, anak terkecil (terakhir) tidak boleh lebih dari 5 tahun, usia istri tidak boleh kurang dari 40 tahun, dan terakhir wajib ada kesepakatan antara suami istri yang menyatakan tidak menginginkan anak lagi.

“Syarat tersebut mutlak dipenuhi oleh suami yang akan melakukan vasektomi. Bagaimana kalau hanya bisa memenuhi 1 syarat saja? Tetap tidak bisa, semua syarat tersebut wajib dipenuhi,” tegas dia.

Lalu bagaimana dengan syarat usia ideal bagi pria yang akan melakukan KB dengan vasektomi tanya Uung? Sebaiknya, usia pria yang akan melakukan vasektomi diatas 40 atau 50 tahun. Sebab, reproduksi perempuan akan terhenti pada waktu menopause. Sedangkan pria tidak akan pernah berhenti. Sehingga, sebaiknya melakukan vasektomi lebih dari 45 atau 50 tahun keatas[]

Leave a Reply