Batal, Komisi I Tak Jadi Panggil TAP Ridwan Kamil Besok

Ketua Komisi I DPRD Jabar dari Fraksi Partai Gerindra, Syahrir

Kita akan melihat bagaimana mereka (TAP Ridwan Kamil) berkoordinasi, nyambung atau tidak, ada kendala atau seperti apa harapan mereka. Terus bagaimana fungsi TAP Ridwan Kamil ini, begitu banyak.

jabarnetwork.com,Komisi I DPRD Jawa Barat membatalkan rencana pemanggilan TAP atau Tim Akselerasi Pembangunan Ridwan Kamil yang dijadwalkan akan dilakukan besok (Kamis, 21/3) menjadi Jumat (22/3/) di Ruang Rapat Komisi I DPRD  Provinsi Jawa Barat.

“Bukan besok (Kami 21 Maret) tetapi Jumat (22 Maret) dijadwalnya. Tidak jadi besok (Kamis) karena ada rapat paripurna,” tutur Ketua Komisi I DPRD Jabar dari Fraksi Partai Gerindra, Syahrir saat dihubungi dari Bandung, Rabu (20/3/2019).

Menurut Syahrir, pemanggilan bukan anggota TAP Ridwan Kamil yang dipanggil, tetapi hanya Sekda dan Biro Hukum dan Organisasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pemanggilan dilakukan hanya satu kali, pertama Sekda dan Biro Hukum dan Organisasi. Sesi kedua dihari yang sama (Jumat, 22/3) pemanggilan untuk user-nya atau OPD yang dititipkan anggota TAP Ridwan Kamil ini.

“Kita akan melihat bagaimana mereka berkoordinasi, nyambung atau tidak, ada kendala atau seperti apa harapan mereka. Terus bagaimana fungsi TAP Ridwan Kamil ini, begitu banyak tetapi sayang tidak dipakai,” tuturnya.

Adapun pemanggilan TAP Ridwan Kamil ini diklaim Syahrir sudah disetujui oleh semua anggota Komisi I termasuk anggota Komisi I dari Fraksi partai politik pendukung Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum saat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar kemarin.

“Ini awalnya dari teman-teman Komisi I juga yang menginginkan TAP Ridwan Kamil dipanggil. Saya sebagai Komisi I tinggal meneruskan apa yang diminta anggota. Artinya, pemanggilan ini sudah menjadi kepetusan bersama,”tegas Syahrir.

Dihubungi secara terpisah, Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat, Didin Supriadin membenarkan rencana pemanggilan TAP Ridwan Kamil oleh Komisi I pada Jumat (22/03). Pemanggilan ini tujuannya untuk meminta keterangan dan meminta jawaban terkait apa yang selama ini menjadi pemberitaan di media dan akhirnya menjadi polemik.

 “Seperti menyangkut payung hukum, anggaran honor anggota TAP Ridwan Kamil dan lain sebagainya,” kata Didin.

Komisi I hanya memanggil Sekda dan Biro Hukum serta Organisasi Pemerintah Provinsi Jabar untuk sesi pertama nanti. Alasannya, karena yang membuat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 060.1/Kep.1244-Org/2018 yang dikeluarkan pada 27 November 2018 terkait pembentukan TAP Ridwan Kamil ini tentunya ada pertimbangan Biro Hukum.

“Pastinya, Biro Hukum mempunyai dasarnya, bahannya, datanya di organsiasi pasti mereka yang membuat drafnya sebelum ditandatangani Gubernur Ridwan Kamil. Dalam hal ini yang menyangkut dengan Kesekdaan,” ujarnya.

Apabila dengan anggota TAP Ridwan Kamilnya, tambah Didin Komisi I melihat tidak ada urusan Komisi I dengan anggota TAP Ridwan Kamil. Komisi I selama ini bermitra atau berurusan dengan mitra kerja yaitu Biro Hukum dan Birokrasi bukan dengan anggota TAP Ridwan Kamil.

“Mitra kerja Komisi I itu Sekda, dan OPD terkait yang di bidang pemerintahan dengan TAP Ridwan Kamilnya kita tidak ada urusan,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat Sri Budiharjo mengakui tidak mengetahui pasti rencana pemanggilan TAP Ridwan Kamil yang direncakan akan dilakukan Komisi I pada Jumat (22/3) karena alasan kesibukan dirinya di Pansus.

“Sehingga kegiatan di Komisi I sedikit ketinggalan. Jadi, saya tidak bisa berkomentar banyak, dan karena melihat kesibukan sepertinya tidak bisa ikut serta dalam Rapat Komisi I dengan TAP Ridwan Kamil,” tutup dia.

Sebagaimana diketahui, TAP Ridwan Kamil saat ini tengah menuai polemik. Mengingat TAP ini ternyata diisi oleh beberapa anggota keluarga Ridwan Kamil dan mantan tim suksesnya saat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar kemarin.

TAP yang dibentuk atas Keputusan Gubernur Jabar Nomor 060.1/Kep/1244-Org/2018 yang dikeluarkan pada 27 November 2018 ini diketuai oleh Rektor Unpad, Tri Hanggono Achmad Kemudian ada Arfi Rafnialdi sebagai Ketua Harian TAP Jabar. Ada juga Sri Pujiyanti sebagai Wakil Sekretaris. Lia Endiani sebagai Ketua Tim Media Tim Kampanye. Ada mantan komisioner KPUD Jabar, Ferdhiman Putera Bariguna.

Ada juga Adik dari Ridwan Kamil yaitu, Elpi Nazzaman. Sepupu Ridwan Kamil, Wildan Nurul Padjar pun masuk dalam Dewan Eksekutif TAP Jabar yang sebelumnya menjadi tim sukses Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum.

Leave a Reply