Bantu Penanganan Pandemi hingga Bencana, Pangdam III/Siliwangi Apresiasi Para Prajurit


Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat menghadiri rapat pimpinan daring. (Sumber: Penerangan Kodam III/Siliwangi)

jabarnetwork.com, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengapresiasi seluruh prajurit TNI, dimana pun berada dan tugasnya. Baik bertugas di daerah perbatasan, wilayah yang terkena musibah bencana alam, bertugas di daerah rawan konflik hingga bertugas di garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Demikian disampaikannya dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI yang dilaksanakan dengan virtual di Ruang Puskodalops Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Selasa 16 Februari 2021.

“Beberapa waktu lalu, TNI terlibat sangat intens dalam berbagai peristiwa yang menjadi sorotan publik. Seperti penanggulangan kelompok bersenjata di Papua, distribusi vaksin Covid-19, jatuhnya pesawat Sriwijaya, gempa bumi. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh prajurit TNI beserta seluruh alutsistanya siap dan siaga hadir ditengah-tengah masyarakat,” tutur dia.

Untuk itu, pihaknya mengapresiasi dan mengapresiasi tinggi kepada prajurit yang rela untuk melaksanakan tugas demi stabilitas keamanan di Indonesia.

Ingatkan Soal Propaganda oleh Teroris

Dalam rapat pimpinan virtual tersebut, ia pun menyampaikan beberapa issu strategis yang terjadi. Seperti perkembangan teknologi yang ternyata disalahgunakan atau dijadikan senjata baru. Salah satu contohnya media sosial digunakan untuk menyebarkan paham radikal, merekrut calon teroris baru, hingga melakukan propaganda.

“Internet, siber dan media sosial  yang harus menjadi domain dalam perekrutan generasi radikal, dan teroris yang juga memanfaatkan media sosial untuk propagandanya,” kata dia.

Ia pun mengingatkan terhadap dinamika sosial saat ini, prajurit TNI harus bisa menghadapi dengan perhitungan yang cermat dan terukur (dalam penanganan). Agar dapat menjadi keuntungan bagi kepentingan nasional.

Untuk diketahui dalam rapim tersebut hadir beberapa narasumber, seperti Menhan RI Prabowo Subianto, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

Selain Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto yang hadir dalam rapim tersebut, hadir pula Danseskoad, Dirajenad, Kadisjarahad, Kadisjasad, Dirajenad, Kasgartap II/Bdg dan Kadispsiad[]

Leave a Reply