Banjir di Sejumlah Kabupaten dan Kota di Jawa Barat, Begini Kata Thoriqoh Nashrullah Fitriyah

Banjir

JABARNETWORK|BANDUNG- Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PAN, Thoriqoh Nashrullah Fitriyah mengapresiasi penanganan banjir yang sudah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota Bandung dan daerah lainnya.

Thoriqoh Nashrullah Fitriyah mengapresiasi karena penanganan banjir saat ini lebih baik jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Seperti berkurangnya titik banjir di Kabupaten dan Kota Bandung  yang awalnya jumlahnya cukup banyak.

Penanganan banjir saat ini pun tergolong cukup cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang dinilai masyarakat tergolong lambat.

“Dapil saya, Kabupaten Bandung seperti di Dayeuhkolot sekarang alhamdulilah sudah mulai membaik. Dulu, kalau musim hujan banjirnya susah surut. Bahkan masyarakat harus mengungsi selama berminggu-minggu. Sekarang memang masih banjir tetapi titik banjirnya mulai berkurang dan mudah surut,” kata Thoriqoh Nashrullah Fitriyah, Bandung, Selasa, 18 Oktober 2022.

“Dulu, saking seringnya banjir di Dayeuhkolot. Masyarakat menyebut musim hujan itu sebagai musim isi ulang, karena banjir kerap datang di pagi atau siang dan surut pada sore hari lalu malam atau dini hari banjir lagi. Jadi masyarakat disana menyebutkan isi ulang banjir,” sambung dia.

Meskipun sudah ada perbaikan dalam penanganan banjir, politisi asal PAN Jawa Barat ini mengingatkan pemerintah daerah di 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Khususnya untuk daerah yang rawan banjir agar memperhatikan masalah penggundulan, alih fugsi lahan dan kondisi topografis DAS yang menjadi salah satu faktor utama penyebab banjir.

“Yang harus diperhatikan itu daerah-daerah yang rawan banjir. Pemerintah daerah harus memperhatikan faktor utama penyebab banjir. Saat ini kalau dilihat karena banyaknya penggundulan, banyak pohon di tebang akhirnya tanah tidak mampu meresap air, masalah alih fungsi lahan juga,” ucap dia. ***

Leave a Reply