Ayo Ikut Kampus Mengajar Kemendikbud, Ada Insentif Jutaan Bagi Peserta Lolos

Program Kampus Mengajar yag digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud). (Sumber: www.kemdikbud.go.id).

jabarnetwork.com, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) telah meluncurkan program Kampus Mengajar batch 1 yang dibuka sejak 9 sampai 21 Februari 2021.

Program ini diluncurkan bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan merupakan implementasi kebijakan Kampus Merdeka yang selaras dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan tujuan menciptakan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang tangguh dan unggul.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) Nadiem Makarim, program Kampus Mengajar ini digagas untuk mengajak para mahasiswa berkolaborasi, beraksi, dan berbakti untuk negeri selama 12 minggu di daerah 3 T (tertinggal, terdepan, terluar) yang terdampak pandemi Covid-`19. Mahasiswa yang ikut program ini diharapkan bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat SD di daerah 3T.

“Para mahasiswa yang mengajar selama 6 jam perhari selama satu semester (ikut program Kampus Mengajar), juga akan mendapatkan tunjangan berupa uang saku dan bantuan biaya kuliah dari LPDP,” tuturnya yang dikutip dari laman Kemdikbud.go.id, Bandung, Rabu 10 Februari 2021.

Insentif yang akan diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu, bantuan biaya kuliah Rp2,4 juta persemester dan biaya hidup Rp700.000 perbulan untuk mahasiswa yang lolos mengikuti program Kampus Mengajar.

Ada sekira 15.000 sampai 20.000 kuota mahasiswa yang ingin mengikuti program Kampus Mengajar. Mengingat animo cukup besar, mahasiswa yang hendak mengikuti program ini harus diseleksi terlebih dahulu.

Persyaratan Ikut Program Kampus Mengajar 

Untuk mengikuti program Kampus Mengajar ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta, diantaranya;

1. Mahasiswa semester 5 keatas

2. Memiliki pengalaman berorganisasi atau pernah ikut kegiatan kampus

3. Mendapatkan rekomendasi dari kampus

4. Bukan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa KIP-Kuliah

5. Mahasiswa dari semua program studi dengan minimal IPK 3,00. Apabila persyaratan sudah terpenuhi, para mahasiswa yang ingin mengikuti program Kampus Mengajar dapat mendaftarkan diri secara daring melalui laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/kampusmengajar2021 []

Leave a Reply