Andi Arief Kembali Kritik Presiden Jokowi terkait Konflik Palestina dan Israel

Politisi asal Partai Demokrat Andi Arief (Foto:Instagram @andiarief_real)

jabarnetwork.com, Politisi asal Partai Demokrat Andi Arief kembali mengkritik Presiden RI Joko Widodo terkait konflik Palestina dengan Israel dalam cuitan di Twitternya @Andiarief_ yang diunggah belum lama ini.

Dalam cuitannya, Andi Arief menanyakan apakah terdapat hubungan antara sikap lunak Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan situasi Palestina saat ini dengan wacana bantuan uang tunai.

Bantuan uang tunai dari Amerika untuk Indonesia sebesar Rp28,5 triliun dengan syarat Indonesia mau bersikap baik terhadap Israel.

“Pernah ada rencana bantuan Amerika Rp28,5 triliun buat Indonesia jika berbaik-baik dengan Israel,” tutur dia dikutip JBN dari Twitter @Andiarief_ , Bandung, Jumat 14 Mei 2021.  

“Saya tidak terlalu mengikuti apakah ada realisasinya,” tanya Andi Arief.

“Seperti ketidaktahuan saya apakah ada hubungan lembeknya Pak Jokowi terhadap situasi Palestina saat ini,” kata dia.

Sebelumnya pun Andi Arief mengkritik sikap Pemerintah Indonesia yang dinilainya menganut politik luar negeri bebas pasif.

“Kita saat ini menganut politik luar negeri bebas pasif,” ujar dia.

Cuitannya Andi Arief ini pun banyak diretweet dan direspon banyak pihak. Mulai dari respon setuju sampai tidak setuju disampaikan netizen dan tokoh publik lainnya.

Salah satu komentar setuju disampaikan oleh kolega Andi Arief di Partai Demokrat yakni, Rachland Nashidik.

Rachland Nashidik membenarkan kritik Andi Arief terkait rencana bantuan uang Rp28,5 triliun untuk Indonesia dari Amerika.

Apabila Indonesia bersedia baik dengan Israel dengan menyematkan berita terkait.

Hal yang sama pun dilakukan oleh pemilik akun @NanangS98437013. Pemilik akun tesebut membenarkan rencana bantuan Amerika untuk Indonesia dengan menyematkan bukti unggahan berita soal rencana bantuan tersebut.

Sambil berkata “beritanya yang ini bukan ya,” kata @NanangS98437013.

Namun demikian, dibandingkan respon setuju terhadap cuitannya Andi Arief dalam Twitter tersebut.

Respon kurang setuju justru lebih mendominasi. Warganet justru menyangkal cuitan Andi Arief dan lebih banyak membela Presiden Joko Widodo.

Salah satunya disampaikan oleh pemilik akun @SamiajiBonnar “kecil kalo bagi Pak Jokowi sama Ibu Sri nyari duit segitu mah. Aset politikus Demokrat yang korup di sita aja sudah dapat itu duit, ditambah piutang cendana, tambah lagi piutang Lapindo. Pasti lebih dari segitu. Bukan type pemerintahan sekarang yang lembek menjual negaranya,” ujar @SamiajiBonnar[]

Leave a Reply