Abdy Yuhana Protes Soal Penghapusan Pendidikan Pancasila

Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PDIP Abdy Yuhana (tengah) (Foto: JBN)

jabarnetwork.com, Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PDIP Abdy Yuhana protes terkait tidak tercantumnya mata pelajaran Pendidikan Pancasila sebagai mata pelajaran wajib  dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standardisasi Pendidikan Nasional. 

“Secara politik, jika agama dan kewarganegaraan adalah penting dan diwajibkan, maka penghapusan Pancasila adalah menghapus landasan sebagai nilai moral,” tutur dia dalam keterangan tertulisnya yang diterima JBN, Bandung, Sabtu 1 Mei 2021.

Menurut Abdy, sejak diberlakukan UU Sisdiknas 2003, pendidikan Pancasila dihapus.

Hal ini mengakibatkan generasi muda Indonesia pasca reformasi kehilangan rujukan penting tentang hakikat hidup bernegara yang baik dan tepat.

Ia meminta Pemerintah untuk membatalkan Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan atau merevisi Pasal 40 muatan kurikulum di berbagai jenjang pendidikan.

“Saya merekomendasikan untuk melakukan uji materi (judicial review)  terhadap pasal-pasal yang tidak relevan dalam mendukung kemajuan pendidikan karakter bangsa yang tertuang UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” tegasi dia[] 

Leave a Reply