8 Ciri Anak Kreatif yang Kebanyakan Tak Dipahami Orang Tua

(Sumber: pixabay)

jabarnetwork.com, Anak yang kreatif tentu memiliki sifat dan ciri yang berbeda dengan anak lain, seperti saat anak dihadapkan oleh masalah atau bahaya tentu anak yang kreatif dan yang tidak kreatif akan lain cara meresponnya.

Berikut ciri-ciri anak yang kreatif yang kebanyakan tidak dipahami orang tua;

1. Ingin Tahu

Anak yang ingin selalu ingin tahu biasaya selalu berusaha untuk menjadi tahu. Rasa ingin tahu yang besar bisa menjadi sumber motivasi untuk melakukan sesuatu.

Orang yang kreatif selalu terlihat sibuk mengerjakan atau mencari sesuatu. Ia terlihat sibuk mengerjakan atau mencari sesuatu. Ia terlihat sangat antusias dengan apa yang dikerjakannya, karena adanya dorongan rasa ingin tahu yang kuat.

2. Masalah Sebagai Hal yang Menarik

Selain itu, anak yang kreatif biasanya melihat permasalahan sebagai hal yang menarik, dan mau menerima permasalahan tersebut.

Biasanya anak merespon masalah sebagai halangan, dan hal yang tidak bisa diterima. Lain halnya dengan anak kreatif yang tidak lari dari permasalahannya, ia malah asyik mencari-cari solusinya.

3. Menantang

Lalu,anak yang kreatif tidak akan lari dan menghindar bila diberi tantangan. Banyak anak yang menjadi sukses setelah diberi tantangan dan menerima tantangan tersebut sebagai sebuah kesempatan.

4. Tidak PuaS

Anak kreatif pun tidak pernah menerima begitu ia gagal. Hal ini akan membangkitkan motivasi untuk mencari, dan menemukan hal-hal yang bisa membuat sesuatu jadi lebih baik. Semangat untuk membangun inilah yang membuat ia menjadi kreatif.

5. Optimis

Orang yang kreatif berkeyakinan bahwa setiap masalah pasti ada solusinya (mungkin tidak semua masalah), tidak ada tantangan yang terlalu besar baginya. Ini bukan berarti orang kreatif selalu bahagia dan tidak pernah tertekan, tetapi ia tidak membiarkan dirinya tenggelam dan berdiam diri menghadapi permasalahan.

6. Menilai

Orang kreatif tidak gampang memberikan penilaian dan mengambil sikap akan suatu ide. Suatu ide besar pada awalnya sering kali dianggap sebagai ide yang gila. Jika Anda cepat memberi penilaian bahwa ide tersebut akan anda buang dan tidak akan pernah menjadi kenyataan.

7. Kesulitan

Dalam proses untuk menjadi kreatif tidak sedikit kesulitan yang akan menghadang. Hal inilah yang membedakan orang yang menjadi kreatif dengan yang kurang kreatif.

Orang kreatif melihat kesulitan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan. Semakin tinggi kesulitan yang dihadapi berarti akan semakin meningkat pula jika bisa melewatinya.

8. Fleksibel

Anda mungkin terkagum-kagum ketika melihat orang kreatif menyelesaikan suatu hal yang anda anggap sangat sulit. Begitu mudahnya orang kreatif melihat permasalahan dan menghasilkan solusinya.

Maka tak aneh, orang kreatif memiliki sifat fleksibel. Anak yang kreatif biasanya menyelesaikan permasalahan dengan cara yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kebanyakan orang. Cara ia menyelesaikan masalah tersebut sering kali terlihat sangat sederhana, tidak berbelit-belit dan rumit seperti yang anda bayangkan sebelumnya[]

Leave a Reply