6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan dan Kesehatan yang Bisa Dipraktikan di Rumah

Sumber: pixabay

jabarnetwork.com, Tahukah kamu jika khasiat lidah buaya bukan saja sebagai penyubur rambut? Ternyata lidah buaya atau aloevera ini banyak khasiatnya baik untuk kecantikan maupun kesehatan.

Aloevera yang memiliki ciri khas berduri ini banyak mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Seperti asam amino, enzim dan lainya. Oleh karena itu lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kecantikan hingga kesehatan, salah-satunya :

1. Mengobati Mata Lelah

Lidah buaya yang banyak mengandung konsentrasi nutrisi, dan mengandung lignin ini ternyata bisa mengobati mata lelah. Kamu tinggal mengiris bagian daun lidah buaya secara melebar. Lalu dinginkan dalam lemari es selama beberapa menit, dan langsung bisa digunakan untuk mengompres mata yang lelah.

2. Mengobati Kulit Kering

Selain itu, lidah buaya pun berkhasiat untuk mengobati kulit kering. Caranya,  kamu tinggal mengupas daun atau kulit lidah buaya hingga hanya terdapat lendir lidah buaya. Kemudian lumatkanlah dan ambil 3 sendok, lalu campurkan 1 atau 2 tetes minyak esensial tea tree.

Setelah bercampur, kamu tinggal mengoleskannya pada bagian kulit yang terasa sangat kering. Diamkanlah selama 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

3. Mengobati Batuk yang Membandel

Sedangkan khasiat lidah buaya untuk kesehatan yaitu, salah satunya untuk  mengobati batuk yang membandel.

Kamu bisa kupas lidah buaya dari kulitnya, cuci dan potong-potong dadu atau  dipotong halus. Lalu, ambil 10 potong atau 2 hingga 3 sendok makan lidah buaya dan campurkanlah dengan 2 sendok madu murni. Kemudian minumlah dua kali sehari dan ulangi selama 10 hari.

4. Penurun Kadar Gula Darah

Lidah buaya pun berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah. Kamu tinggal mengambil 1 pelepah lidah buaya ukuran besar (kira-kira seukuran telapak tangan). Bersihkanlah dengan mengupas kulit dan durinya. Lalu rendam sekitar 30menit dalam air garam.

Setelah itu remas sebentar, lalu bilas di bawah air yang mengalir, dan rebuslah dengan 3 gelas air sampai mendidih dan dinginkan. Setelah dingin minumlah sebanyak setengah gelas 2 atau 3 kali sehari.

5. Atasi Sembelit

Alovera atau lidah buaya ini pun dapat mengobati sembelit. Caranya, kamu tinggal mengupas setengah batang lidah buaya yang telah dicuci. Isinya (lendir) dipotong kecil-kecil, dan seduhlah dengan setengah gelas air hangat. Lalu beri 1 sendok makan madu, dan makanlah dua kali sehari.

6. Mengobati Ambeien

Kemudian lidah buaya ini pun ternyata berkhasiat mengobati ambeien. Caranya, ambillah setengah batang daun lidah buaya dan buanglah durinya, cuci lalu diparut. Setelah itu, beri setengah gelas air panas kemudian peras. Tambahkanlah dua sendok makan madu, dan minumlah selagi hangat.

Untuk memaksimalkan khasiat dalam mengobati ambeien ini. Sebaiknya meminumnya  tiga kali sehari.

Nah itulah salah-satu khasiat aloevera atau lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan yang bisa dicoba di rumah. Selamat mencoba[]

Sumber :  Tanaman Obat Tradisional (Jilid I), Sopandi, PT Sarana Panca Karya Nusa (Anggota IKAPI), tanpa tempat, 2002.

Leave a Reply