5 Tips Biar Tak Gugup saat Berbicara di Depan Umum

Kepala Divisi Public Speaking Rumah Produktif Indonesia (RPI) Sumatera Barat, Andahayani Yoseph (jabarnetwork.com/JBRN).

jabarnetwork.com, Tak semua orang bisa berbicara di depan umum atau public speaking tanpa gugup. Orang yang sudah terbiasa berbicara di depan umum pun masih saja mengalami kegugupan.

Lain halnya dengan orang yang jarang berbicara di depan umum. Tak hanya gugup, berbicara pun bisa tidak jelas, tangan, kaki atau anggota badan lainnya pun bisa gemetar tanpa terkontrol, bahkan bisa panik.

Agar tidak gugup atau gemetar saat berbicara di depan umum, baik saat jadi moderator, Master of Ceremonies (MC), pemimpin rapat maupun hanya sebagai audience yang akan bertanya kepada narasumber, berikut caranya biar cakap public speaking , bicara tanpa harus gugup:

1. Ubah Mainset Public Speaking itu Kesempatan Bukan Performance

Menurut Kepala Divisi Public Speaking Rumah Produktif Indonesia (RPI) Sumatera Barat, Andahayani Yoseph, salah satu cara agar bisa public speaking adalah mengubah mainset public speaking merupakan kesempatan bukan performance yang cenderung harus tampil sempurna.

Maksudnya, saat kita harus berbicara di depan umum ubahlah hal tersebut menjadi kesempatan sehingga tidak ada tuntutan harus tampil sempurna, atau bisa juga menganggap khalayak umum tersebut tidak sedang melihat kita saat kita berbicara.

“Kegugupan, gemetar muncul karena adanya mainset kita yang harus tampil sempurna, takut ditertawai dan sebagainya saat kita harus berbicara di depan umum. Stop, ubah mainset itu. Anggap saja orang itu tidak melihat dan memperhatikan kita, atau bisa juga bersikap masa bodoh yang terpenting ide, gagasan yang ingin disampaikan bisa dipahami orang,” tutur dia dalam acara Webinar Mengapa Public Speaking itu Penting secara daring, Bandung, belum lama ini.

2. Buat Konsep

Kemudian, selain ubah mainset. Buatlah konsep atau catatan apa yang akan disampaikan. Cara ini memang sederharana, tetapi ini sangat ampuh untuk mengatasi lupa atau kurangnya menguasai materi. Misalkan saat jadi moderator atau MC, bahkan saat menjadi peserta yang akan bertanya kepada narasumber sekalipun.

3.  Jangan Gugup

Kegugupan sebenarnya biasa saat berbicara di depan umum. Bahkan bagi orang yang jam terbangnya tinggi menjadi MC, moderator dan orang yang terbiasa berbicara di depan umum pun pasti akan mengalami kegugupan. Hanya saja, biasanya mereka bisa mengontrolnya, dan bagi yang jarang berbicara di depan umum pun bisa melakukannnya.

“Caranya? Kelola kegugupan dengan baik. Ubah mindset, buat catatan, dan buatlah persiapan, dan lakukan pernapasan. Bisa tarik dan buang napas seperti meditasi (teknik stabilisasi). Biarlah energi negatif yang buat gugup tersebut hilang dengan menarik dan buang nafas atau teknik lainnya yang membuat anda tenang,” kata dia. 

3. Ubah Mood (Suasana Hati)

Terkadang orang gugup bisa saja karena suasana hati yang tidak baik. Misalkan sedang ada masalah, marah, sedih dan lainnya tetapi harus berbicara di depan orang. Akhirnya saat berbicara tidak menguasai materi atau banyak lupa. Oleh karena itu, penting untuk menjaga suasana hati saat harus berbicara di depan umum, apalagi MC atau moderator.

4. Latihan Berbicara

Selain itu, biar tidak gugup adalah berlatih berbicara. Biasakan untuk melatih pengucapan, intonasi. Cara ini dilakukan supaya lidah tidak kaku yang membuat berbicara tidak jelas, yang akhirnya materi yang disampaikan tidak dipahami.

“Sebelum saya berbicara, entah itu saat jadi MC, atau  isi acara di radio. Saya biasanya berlatih berbicara atau pengucapan dan itu berhasil selama ini,” ucap dia.

5. Kendalikan Diri saat Gemetar

Hal yang tak bisa dipungkiri  terjadi saat berbicara di depan orang adalah gemetar. Bahkan banyak yang sampai tangan dan kakinya gemetar kencang, dan itu nampak oleh orang lain sekitarnya. Namun hal tersebut kondisi yang lumrah meski sangat mengganggu. Bagaimana caranya agar tidak gemetar? Kendalikan.

“Berusaha kendalikan, bisa dengan menarik dan membuang napas, alihkan rasa takut dan ditertawai orang atau merasa diperhatika. Jangan dipikirkan takut salah, harus sempurna dan lain sebagainya, bicara saja dan percaya diri. Cara itu bisa dicoba biar tak gemetar saat berbicara di depan umum,” kata dia.

“Upayakan ubah atau alihkan mood jelek itu ke baik saat kita harus public speaking. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan dulu, seperti bernyanyi, makan-makanan favorit apapun itu yang buat senang,” ujar dia.

Setelah langkah itu dilakukan, hal yang perlu diperhatikan soal public speaking. Inti dari konsep public speaking itu sederhana. Salah satunya, cara berkomunikasi agar bisa dipahami orang. Bisa juga cara berbicara, menyampaikan suatu ide, gagasan, opini dan sebagainya kepada orang lain atau di depan orang banyak. Sehingga tidak sampai menimbulkan ketidakpahaman atau misunderstanding.

“Jadi, ayo berani berbicara, jangan gugup apalagi gemetar. Percaya diri dengan tetap melakukan persiapan agar menguasai apa yang akan disampaikan kepada orang,” ucap dia[]

Leave a Reply