Fraksi Golkar Jabar Dukung DOB Garut Utara

Ketua Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat Yod Mintaraga.

jabarnetwork.com, Fraksi Golongan Karya (Golkar) DPRD Jawa Barat mendukung penuh usulan rencana pembentukan calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Garut Utara, mengingat urgensi, baik dari aspek jumlah penduduk dan wilayah serta demi peningkatan kualitas pelayanan masyarakat.

“DOB itu sudah menjadi kebutuhan Provinsi Jawa Barat yang berpenduduk kurang lebih 50 juta. Apalagi Garut Utara, dan beberapa wilayah lainnya yang sebelumnya mengajukan DOB. Masa Jatim sudah 35 kabupaten dan kota, sedangkan Jabar masih 27 kabupaten dan kota. Padahal dari segi jumlah penduduk Jabar lebih banyak dibandingkan Jatim,” tutur Ketua Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat Yod Mintaraga, Bandung, Jumat 16 Oktober 2020.

Yod pun berharap rencana DOB di beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Garut Utara, Garut Selatan, Sukabumi Utara, dan Bogor Barat menjadi prioritas Pemerintah Pusat saat moratorium DOB dicabut pemerintah.

“Saya optimis rencana DOB Jabar bisa disetujui, mengingat menjadi kebutuhan mendesak, tetapi ya kembali lagi Pemerintah Pusat harus mencabut moratoriumnya terlebih dahulu,” harap dia.

Selain itu, Yod Mintaraga pun sangat berharap setelah pandemi Covid-19 berakhir, mudah-mudahan saja di awal 2021 Pemerintah Pusat mencabut moratorium DOB, dan memprioritas kan pengajuan DOB Jawa Barat dibandingkan dengan provinsi lain dengan pertimbangan urgensi jumlah penduduk, dan wilayah serta peningkatan pelayanan serta kesejahteraan masyarakat.

“Fraksi Golkar DPRD Jabar sangat berharap DOB Jabar disetujui usai  pandemi Covid-19 berakhir dan pencabutan moratorium,” harap dia. Yod sangat meyakini DOB di Jabar mampu meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan, kualitas pendidikan masyarakat Jawa Barat, terutama mampu memaksimalkan potensi daerah masing-masing, dan khususnya bisa mendongkrak bantuan dan Dana Alokasi Khusus dari Pemerintah Pusat[]

Leave a Reply